Rabu, 10 Agustus 2016

PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN OLEH KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS

INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
oleh
Kepala Sekolah dan Pengawas


IDENTITAS PESERTA



1.    Nama (lengkap dengan gelar akademik)
:
Hendra, M.Pd
2.    Nomor Peserta
:
09 02 05 157 20422
3.    NIP/NIK
:
150318526
4.    Pangkat/Golongan
:
Guru Madya/III B
5.    Jenis Kelamin
:
L/P *)
6.    Tempat, tgl lahir
:
Bogor, 09 Juli 1971
7.    Pendidikan Terakhir
:
S 2
8.    Akta Mengajar
:
Memiliki/Tidak Memiliki*)
9.    Sekolah Tempat Tugas


1)    Nama
:
MAN PARUNGPANJANG
2)    Alamat Madrasah
:
Jln. Desa Cibunar



3)    Kecamatan
:
Parungpanjang
4)    Kabupaten/Kota
:
Bogor
5)    Provinsi
:
Jawa Barat
6)    No. Telp. Madrasah
:
021-5978375
7)    Alamat e-mail
:
hens_ysf@yahoo.com
8)    Nomor Statistik Madrasah
:
31.1.32.03.26.032
10. Mata Pelajaran /Guru Kelas MI
:
Bahasa Inggris
11. Beban Mengajar per Minggu
:
24 Jam





*)Coret yang tidak perlu
LEMBAR PENILAIAN

 



Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik

NO
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR



I
PRAPEMBELAJARAN

1.
Memeriksa kesiapan siswa
 1  2  3  4 5
2.
Melakukan kegiatan apersepsi
 1  2  3  4 5



II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan materi pelajaran

3.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1  2  3  4  5
4.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1  2  3  4  5
5.
Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar
1  2  3  4  5
6.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1  2  3  4  5



B.
Pendekatan/strategi pembelajaran

7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
1  2  3  4  5
8.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1  2  3  4  5
9.
Menguasai kelas
1  2  3  4  5
10.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1  2  3  4  5
11.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
1  2  3  4  5
12.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1  2  3  4  5



C.
Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran

13.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1  2  3  4  5
14.
Menghasilkan pesan yang menarik
1  2  3  4  5
15.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
1  2  3  4  5



D.
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1  2  3  4  5
17.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
1  2  3  4  5
18.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
1  2  3  4  5



E.
Penilaian proses dan hasil belajar

19.
Memantau kemajuan belajar selama proses
1  2  3  4  5
20.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1  2  3  4  5



F.
Penggunaan bahasa

21.
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
1  2  3  4  5
22.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1  2  3  4  5



III
PENUTUP

23.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1  2  3  4  5
24.
Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
1  2  3  4  5

Total Skor



Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.




Penilai,






        (Armen, S.Ag, M.Pd)
         NIP. 150216373


         Bogor, 15 Juni 2009
Penilai,
Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Parungpanjang
Bogor




     (Drs. H. Harun Harosid, M.Pd)
        NIP: 19640909198731002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat