Sabtu, 27 Agustus 2016

EMPAT MACAM MANUSIA DARI SEGI KEILMUAN DAN KEBODOHAN

EMPAT MACAM MANUSIA DARI SEGI KEILMUAN DAN KEBODOHAN

A. Empat macam manusia dari segi 
keilmuan dan kebodohan menurut Syaikh Kholil bin Ahmad:

1. Manusia yang mengerti ilmu dan mengerti bahwa dirinya itu mengerti: ia adalah orang alim (al-‘alim) maka bertanyalah padanya dan ikutilah dia.

2. Manusia yang mengerti ilmu namun tidak mengerti bahwa dirinya itu mengerti: ia adalah orang yang lupa (an-nasi) atau orang tidur (an-naim) maka ingatkanlah atau bangunkanlah dia.

3. Manusia yang tidak mengerti ilmu namun mengerti bahwa dirinya itu tidak mengerti: ia adalah orang yang mencari petunjuk (a-mustarsyid) maka tunjukkanlah atau ajarilah dia.

4. Manusia yang tidak mengerti ilmunamun tidak mengerti bahwa dirinya itu tidak mengerti: ia adalah orang bodoh (al-jahil) atau orang yang rusak akalnya (al-ahmaq, orang yang kumprung) maka singkirkanlah atau jauhilah dia.

B. Dua macam orang bodoh (al-jahil):

1. Jahil basith (simple, menengah): orang yang bodoh namun mengerti bahwa dirinya itu bodoh. Dalam dirinya tidak terdapat kepercayaan yang bertentangan dengan kenyataan.

2. Jahil murokkab (complex, ganda): orang yang bodoh namun tidak mengerti bahwa dirinya itu bodoh. Orang bodoh ini memiliki kepercayaan yang berlawanan dengan kenyataan. Seperti kebodohan dalam i’tiqod
(kepercayaan) kaum filosof dan golongan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat