LEMBAR
PENGAMATAN/OBSERVASI
NO
|
URAIAN
|
TINGKAT PERSETUJUAN
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
A.
B.
C.
D.
E.
|
Komponen
Guru
1. Kesiapan
mengajar
2. Tingkat
penguasaan materi
3. Kelancaran
menyampaikan materi
4. Metode
yang digunakan
5. Interaksi
guru dengan siswa
6. Pemberian
tugas
7. Penggunaan
media
8. Evaluasi
proses pembelajaran
9. Penguasaan
kelas
10. Penggunaan
bahasa pengantar
11. Kejelasan
bahasa/suara
12. Sikap
menghadapi siswa
Komponen
Siswa
1. Kesiapan
belajar
2. Perhatian
/ Atensi
3. Sikap
dalam menghadapi materi
4. Kemampuan
berkomunikasi
5. Kemampuan
menjawab pertanyaan
6. Komunikasi
dengan siswa lain
7. Kerjasama
dalam kelompok
8. Sikap
terhadap teman dalam kelompok
9. Penggunaan
bahasa komunikasi
10. Prakarsa
Komponen
Materi
1. Kesesuaian
indikator dengan KD
2. Kesesuaian materi dengan
indikator
3. Kesesuaian materi dengan tingkat kemampuan siswa.
4. Ketepatan contoh-contoh
dengan materi.
5. Keselarasan materi dengan lingkungan.
6. Kompleksitas
materi pembelajaran.
7. Ruang lingkup materi.
8. Ketepatan materi dengan alokasi waktu yang tersedia.
9. Ketersediaan buku penunjang
materi pembelajaran.
10. Ketercapaian
indikator.
Komponen
Proses
1. Pengalokasian waktu
2. Sistematika penyampaian.
3. Dinamisasi proses.
4. Ketertiban.
5. Suasana pembelajaran (kegembiraan, keceriaan).
6. Situasi
kondusif (tidak ada gangguan, tenang).
7. Pengorganisasian kelas.
8. Terwujudnya PAIKEM.
9. Penguatan.
10. Refleksi dan motivasi (pengumpulan kesan dan usul).
Komponen
Sarana
1. Ruang
belajar
2. Perlengkapan kelas
3. Meubelair
4. Media pembelajaran
5. Alat peraga
6. Sumber materi
7. Perlengkapan guru
8. Perlengkapan siswa
9. Pemeliharaan sarana
10. Pemanfaatan sarana
|
|
|
|
|
KETERANGAN
1.
Kurang
2.
Cukup
3.
Baik
4.
Baik
Sekali
Tidak ada komentar:
Posting Komentar