Lembaga
Bahasa Inggris dan Arab
MAN 2 Kab. Bogor
A.
Pendahuluan
Dalam menghadapi era globalisasi, setiap individu
dituntut untuk siap menguasai IPTEK dengan dilandasi oleh IMTAQ dan penguasaan
IPTEK tidak dapat dipisahkan dengan penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa
pergaulan dunia dan bahasa Arab yang menjadi
kunci dalam memahami ilmu-ilmu agama bagi landasan moral.
MAN 2 yang merupakan salah
satu jenjang pendidikan memandang perlu untuk memasyarakatkan Bahasa Inggris
dan Arab di kalangan siswa-siswinya yang akan menjadi salah satu nilai plus
bagi siswa-siswi yang belajar di MAN.
B.
Nama
Kegiatan
Lembaga Bahasa Inggris dan
Arab MAN 2 Bogor
C.
Syllabus
No
|
Kelas
|
Semester
|
Level
|
Kompetensi
|
1
|
I
|
I
|
Elementary
|
Dengan menguasai ±
350 Kosa kata, siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan sangat sederhana
|
2
|
I
|
II
|
Elementary
|
Dengan menguasai ±
450 Kosa kata, siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan tema-tema
sederhana
|
3
|
II
|
I
|
Pre-Intermediate
|
Dengan menguasai ±
500 Kosa kata, siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan tema-tema tertentu
|
4
|
II
|
II
|
Pre-Intermediate
|
Dengan menguasai ±
650 Kosa kata, siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan tema-tema yang
lebih luas
|
5
|
III
|
I
|
Intermediate
|
Dengan menguasai ±
750 Kosa kata, siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan tema-tema yang
lebih luas serta dapat berdiskusi dengan bahasa Inggris
|
6
|
III
|
II
|
Intermediate
|
Dengan menguasai ±
1000 Kosa kata, siswa mampu berbicara bahasa Inggris dengan tema-tema yang
lebih luas serta dapat berdiskusi dan berpidato bahasa Inggris
|
D.
Program
Kerja
1.
Membentuk tim penggerak
bahasa dari siswa
2.
Memaksimalkan pengajaran di
Laboratorium Bahasa
3.
Memberikan kosa kata setiap
(2 kata/hari)
4.
Mewajibkan siswa untuk
berbicara bahasa Inggris dan Arab pada hari-hari dan tempat-tempat tertentu.
5.
Melebelisasi tempat dan
ruangan dengan bahasa Inggris dan Arab
6.
Mengadakan latihan
percakapan Inggris dan Arab pada hari-hari tertentu.
7.
Mengadakan upacara bendera
dengan Bahasa Inggris dan Arab.
8.
Membuat Mading Inggris dan
Arab.
9.
Mengadakan latihan pidato
bahasa Inggris dan Arab.
10.
Mengadakan kunjungan ke
lembaga-lembaga tertentu.
11.
Mengadakan ujian kosa kata
pada akhir tiap semester.
E.
Faktor
Pendukung
1.
Adanya Laboratorium
bahasa
2.
Dukungan dari kepala
Madrasah dan para guru untuk meningkatkan bahasa Inggris dan Arab.
3.
Adanya kemauan siswa untuk
berbicara bahasa Inggris dan Arab
F.
Faktor
Penghambat
1.
Kurang adanya disiplin siswa
2.
Tidak adanya hukuman bagi
siswa yang tidak berbahasa (mahkamah Bahasa)
3.
Adanya rasa malu dan takut
salah berbicara di kalangan siswa.
4.
Kurangnya guru penggerak
bahasa yang siap (stand by) di sekolah.
5.
Lingkungan yang kurang
kondusif
G.
Solusi
1.
Meningkatkan disiplin siswa.
2.
Memperbanyak praktek di Lab
Bahasa
3.
Mengefektifkan program kerja
4.
Mengevaluasikan
langkah-langkah yang telah dicapai
5.
Selalu berkoordinasi dengan
berbagai pihak.
8 Agustus 2016
Mengetahui: Lembaga Bahasa MAN 2
Kepala MAN 2 Ketua,
Dra. Hj. N. Nani Ryhyani, M.Pd HENDRA, M.Pd
JOB DESCRIPTION PENGGERAK BAHASA
(LANGUAGE
MOVER)
1.
Mencatat dan mendokumentasikan
kosa kata yang diberikan oleh instruktur
2.
Memberikan kosa kata kepada siswa setiap hari secara bergiliran (2
kata/hari)
3.
Memotivasi siswa dalam meningkatkan bahasa Inggris dan Arab
4.
Berkoordinasi dengan ketua OSIS dan bagian lain dalam menjalankan tugas
5.
Mencatat nama-nama yang tidak mencatat kosa kata serta melaporkannya ke
Instruktur Bahasa
6.
Selalu berkoordinasi dengan Instruktur dalam pembinaan bahasa
JOB
DESCRIPTION INSTRUKTUR BAHASA
1.
Memberikan 12 kosa kata ke tim penggerak bahasa setiap minggu
2.
Mengecek catatan kosa kata siswa
3.
Memotivasi siswa untuk berbahasa Inggris dan Arab
4.
Membuat daftar pengguna laboraturium bahasa
5.
Membuat jadual instruktur laboraturium bahasa
6.
Membuat modul / pelajaran di Laboraturium bahasa
7.
Memberikan peringatan/hukuman bagi siswa yang tidak mengikuti kegiatan
kebahasaan (disiplin bahasa)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar