Kamis, 21 Januari 2016

Program Kerja Lab Bahasa MAN Leuwiliang Bogor

I.   PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Fungsi utama bahasa baik bahasa lisan maupun tulisan adalah sebagai alat komunikasi. Karena itu pada dasarnya tujuan pembelajaran bahasa adalah untuk membekali pembelajar dengan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa sasaran dalam hal ini bahasa inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut harus diciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Salah satu upaya untuk mendukung penciptaan proses pembelajaran yang berkualitas adalah penyediaan sarana media pembelajaran.

Salah satu sarana yang dapat menunjang penciptaan proses pembelajaran bahasa yang berkualitas adalah laboratorium bahasa. Laboratorium bahasa dalam pengertian sederhana hanya dapat terdiri dari tape player sedangkan dalam pengertian yang canggih, laboratorium bahasa dapat berupa ruang multimedia yang dilengkapi dengan berbagai macam sumber belajar.

Agar laboratorium bahasa dapat dimanfaatkan secara optimal dan terarah, maka perlu dilengkapi dengan berbagai sumber belajar dan diatur penggunaannya sehingga laboratorium bahasa tidak hanya sekedar alat untuk memutar kaset atau video tetapi juga untuk melatih keempat komponen bahasa yaitu menyimak (listening), berbicara (speaking), memabaca (reading) dan menulis (writing). Setiap guru yang akan menggunakan fasilitas laboratorium harus dibekali dengan keterampilan atau pelatihan bagaimana menggunakan laboratorium bahasa dan menggunakan laboratorium sesuai dengan jadwal yang sudah diatur.


B.      Tujuan
Tujuan penulisan program kerja ini adalah agar laboratorium bahasa sebagai media pembelajaran dapat dimanfaatkan secara maksimal, efektif dan terarah dan dapat menfasilitasi semua guru bahasa khususnya guru bahasa inggris untuk dapat menggunakan laboratorium bahasa sebagai salah satu media pembelajaran.




II.  LABORATORIUM BAHASA SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN BAHASA


A.      Peranan Laboratorium Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa

Laboratorium bahasa tidak sekedar sebagai alat untuk memutar kaset atau video apalagi di fungsikan sebagai pengganti guru. Laboratorium bahasa sebagai media pembelajaran bertujuan untuk pelatihan berkomunikasi. Sebagai media pembelajaran, laboratorium bahasa dapat digunakan untuk mengembangkan tidak hanya keterampilan menyimak tetapi juga berbicara, membaca dan menulis dengan menggunakan pendekatan komunikatif.

Berikut adalah beberapa prinsip penting dalam pembelajaran dengan pendekatan komunikatif :
1.       Transfer of information ( transfer informasi )
2.       Information gap ( kesenjangan informasi )
3.       Task dependency ( keberlanjutan tugas )
4.       Self–motivated participation ( motivasi sendiri )
5.       Student–centered activity ( kegiatan berpusat pada siswa )
6.       Inter–student communication ( komunikasi antar siswa )
7.       Student interaction and cooperation ( kerjasama dan interaksi siswa )
8.       Non–judgemental evaluation ( penilaian yang tidak memvonis )
9.       Correction of the content ( koreksi isi informasi bukan tata bahasa )
10.   Group problem solving ( memecahkan masalah bersama )

B.      Perangkat Keras dan Lunak Laboratorium Bahasa

Pada prinsipnya perangkat keras laboratorium bahasa dapat dibedakan dalam dua bagian  yaitu meja guru (master console) dan meja siswa (booth). Pada umumnya peralatan yang ada pada meja guru adalah :
1.       Piranti masukan program
2.       Piranti komunikasi melalui headset dan microphone
3.       Piranti pengaturan komunikasi dengan siswa
4.       Piranti penguat suara (amplifier/room speaker)
5.       Piranti video monitor
6.       Televisi besar
7.       CPU Komputer





Peralatan pada meja siswa (booth) terdiri atas :

1.       Headset dan microphone
2.       Pre-amplifier
3.       Tombol pemanggil

Pada umumnya yang dimaksud dengan perangkat lunak dalam laboratorium bahasa adalah perangkat seperti pita kaset, pita video, film, CD/VCD/DVD dan bahan-bahan pembelajaran cetak.


































III.     PENGELOLAAN LABORATORIUM BAHASA

A.      Pengelolaan Administrasi

1.       Struktur Organisasi
Laboratorium bahasa akan berfungsi secara optimal bila dikelola dengan mengikuti prosedur kerja berdasarkan standar pengelolaan laboratorium bahasa. Salah satu kelengkapan yang harus ada agar pengelolaan laboratorium bahasa dapat berjalan dengan optimal adalah struktur organisasi laboratorium. Struktur organisasi yang baik diikuti oleh pemahaman akan tugas dan kewajiban oleh setiap unsur organisasi dapat menjamin terjadinya pengelolaan laboratorium yang efektif dan efisien. Berikut ini adalah struktur organisasi laboratorium bahasa MAN Leuwiliang Bogor tahun ajaran 2012/2013.



Kepala Sekolah
Drs. Asep Ruhiat, M.M.Pd

 Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana
Drs. A. Supriadi

Koordinator Lab. Bahasa
Hendra, M.Pd





Laboran
Hendra, M. Pd
Teknisi
Cecep Komarudin
         




2.       Uraian Tugas
Tugas dan fungsi masing-masing pengelola laboratorium adalah sebagai berikut :

a.       Kepala Sekolah
Bertanggung jawab dan mengawasi jalannya pelaksanaan pengelolaan, pemanfaatan, dan pengembangan laboratorium.

b.      Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana
Bertugas mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pengelola, teknisi dan guru sesuai dengan program kerja yang telah dijabarkan dan disepakati bersama dan yang telah mendapat persetujuan Kepala Sekolah.

c.       Koordinator Laboratorium Bahasa
Bertugas merencanakan program pemanfaatan laboratorium dan pengelolaan pemakaian laboratorium, menyusun jadwal penggunaan laboratorium, member masukan program-program yang berkaitan dengan pengunaan dan pengembangan laboratorium.

d.      Laboran
Bertugas : ( 1 ) membantu koordinator laboratorium dalam pemeliharaan dan perawatan laboratorium, (2) bertanggung jawab terhadap kebersihan laboratorium, (3) mengidentifikasi kebutuhan peralatan/administrasi laboratorium, (4) menyiapkan perangkat lunak/program/peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran, (5) melaporkan pada koordiantor lab tentang hal-hal yang menyangkut kerusakan, kehilangan, ataupun hal-hal yang mengenai kebutuhan laboratorium yang diperlukan.

e.      Teknisi
Bertugas memeriksa, mengecek dan memelihara secara rutin piranti-piranti atau fasilitas yang ada di laboratorium bahasa dan mengadakan perbaikan yang diperlukan.


3.       Tata Tertib

Tata tertib merupakan aturan khusus yang harus ditaati dalam pemakaian laboratorium.






TATA TERTIB PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA
MAN LEUWILIANG BOGOR TAHUN AJARAN 2012/2013

A.      Penggunaan Laboratorium

Pengguna Laboratorium Bahasa  MAN Leuwiliang Bogor adalah guru/siswa MAN Leuwiliang Bogor atau pihak lain yang telah mendapatkan persetujuan dari kepala MAN Leuwiliang Bogor.

Adapun ketentuan penggunaan Lab Bahasa adalah sebagai berikut:
a.       Di bawah pengawasan guru, instruktur atau laboran untuk dapat menggunakan laboratorium.
b.      Duduk di tempat kosong berdasarkan nomor kehadiran siswa di kelas (khusus untuk siswa).
c.       Tidak membawa tas atau perlengkapan lainnya  ke laboratorium kecuali buku teks dan alat tulis.
d.      Mendengarkan perintah atau instruksi dari guru, instruktur atau asisten laboratorium sebelum memulai kegiatan.
e.      Mengerjakan dan menuntaskan semua pekerjaan laboratorium di laboratorium.
f.        Menuntaskan pekerjaan/tugas laboratorium dengan penuh tanggung jawab.
g.       Tidak mengerjakan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan tugas di laboratorium.
h.      Tidak memindahkan materi-materi, kaset-kaset, CD/DVD dari laboratorium.
i.         Menjaga dan memelihara fasilitas laboratorium.
j.        Tidak mencorat-coret meja, kursi, dinding atau fasilitas lain yang ada di laboratorium.
k.       Menjaga kebersihan dan ketenangan laboratorium.
l.         Tidak membawa makanan, minuman, permen karet dan tidak merokok di laboratorium.
m.    Tidak menggandakan/mengcopy materi-materi, program-program yang digunakan di laboratorium tanpa izin.
n.      Segera melaporkan apabila ada kerusakan alat kepada guru/instruktur/laboran/teknisi.
o.      Mengembalikan alat yang dipakai ke tempat semula dengan rapi.
p.      Mengisi dengan lengkap lembar laporan keadaan alat dan agenda kegiatan harian laboratorium ( khusus guru/instruktur ).






B.      Pengelolaan Perangkat

Salah satu aspek yang mendukung pemberdayaan laboratorium bahasa adalah pengelolaan perangkat laboratorium yang baik. Kegiatan pengadministrasian perangkat laboratorium merupakan bagian terpenting dari unsur pengelolaan laboratorium.
Kegiatan pengelolaan perangkat laboratorium meliputi kegiatan pencatatan data teknis barang/peralatan laboratorium, data kegiatan pemakaian laboratorium, dan data-data lain yang diperlukan untuk proses pengontrolan barang. Beberapa kartu/buku/catatan yang diperlukan dalam pengadministrasian laboratorium bahasa adalah sebagai berikut :

1.       Buku Peminjaman Barang
Petugas tidak dibenarkan meminjamkan barang atau peralatan laboratorium tanpa tanda bukti peminjaman barang.

2.       Kartu Inventaris Barang
Buku ini berguna untuk mengetahui data tentang keseluruhan peralatan atau fasilitas yang ada di laboratorium bahasa.

3.       Buku Harian
Berguna untuk mengontrol kegiatan sehari-hari yang dilakukan pengguna (guru/instruktur/laboran/teknisi/siswa) di laboratorium bahasa.

4.       Buku Keadaan Sarana Laboratorium Bahasa
Untuk mengetahui sejarah alat, bila suatu alat rusak dan diperbaiki, dilakukan pencatatan pada kartu reparasi alat.


C.      Pengguna Ruang Laboratorium Bahasa

1.       Digunakan 6 hari dalam seminggu (Senin s.d Sabtu)
2.       Dibuat jadwal penggunaan laboratorium bahasa
3.       Ruang laboratorium bahasa sebaiknya tidak dipergunakan untuk ruang belajar yang tidak sesuai dengan fungsi laboratorium bahasa tersebut.








IV.   PENUTUP


Demikian program kerja laboratorium bahasa MAN Leuwiliang Bogor , semoga dengan adanya program kerja laboratorium bahasa ini, dapat menunjang terselenggaranya proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa terutama bahasa inggris secara efektif dan efisien sehingga peran laboratorium bahasa dapat dimanfaatkan secara optimal.

Kami harap semua guru-guru atau pengguna laboratorium dapat menjaga fasilitas laboratorium secara bersama-sama dan memanfaatkannya secara maksimal sehingga target yang sudah ditetapkan dapat tercapai.

Saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan, untuk melengkapi segala kekurangan atau kelemahan yang ada dalam penyusunan buku program kerja ini.  Sehingga buku program kerja ini di masa yang akan datang lebih sempurna dan dapat dijadikan acuan bagi penyelenggaraan proses belajar mengajar di Lab bahasa. Terima kasih.



Mengetahui,                                                                                      Bogor,  7 Juli 2014
Kepala MAN Leuwiliang Bogor                                                   Koordinator,




Drs. Asep Ruhiat, M.M.Pd                                                      Hendra, M.Pd
NIP: 196108141998031002                                                          NIP: 197107092001121002

  



1 komentar:

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat