I.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Fungsi
utama bahasa baik bahasa lisan maupun tulisan adalah sebagai alat komunikasi.
Karena itu pada dasarnya tujuan pembelajaran bahasa adalah untuk membekali
pembelajar dengan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa sasaran dalam hal ini
bahasa inggris. Untuk mencapai tujuan tersebut harus diciptakan proses
pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Salah
satu upaya untuk mendukung penciptaan proses pembelajaran yang berkualitas
adalah penyediaan sarana media pembelajaran.
Salah
satu sarana yang dapat menunjang penciptaan proses pembelajaran bahasa yang
berkualitas adalah laboratorium bahasa. Laboratorium bahasa dalam pengertian
sederhana hanya dapat terdiri dari tape player sedangkan dalam pengertian yang
canggih, laboratorium bahasa dapat berupa ruang
multimedia yang dilengkapi dengan berbagai macam sumber belajar.
Agar
laboratorium bahasa dapat dimanfaatkan secara optimal dan terarah, maka perlu
dilengkapi dengan berbagai sumber belajar dan diatur penggunaannya sehingga
laboratorium bahasa tidak hanya sekedar alat untuk memutar kaset atau video
tetapi juga untuk melatih keempat komponen bahasa yaitu menyimak (listening),
berbicara (speaking), memabaca (reading) dan menulis (writing). Setiap guru
yang akan menggunakan fasilitas laboratorium harus dibekali dengan keterampilan
atau pelatihan bagaimana menggunakan laboratorium bahasa dan menggunakan
laboratorium sesuai dengan jadwal yang sudah diatur.
B.
Tujuan
Tujuan
penulisan program kerja ini adalah agar laboratorium bahasa sebagai media
pembelajaran dapat dimanfaatkan secara maksimal, efektif dan terarah dan dapat
menfasilitasi semua guru bahasa khususnya guru bahasa inggris untuk dapat
menggunakan laboratorium bahasa sebagai salah satu media pembelajaran.
II. LABORATORIUM BAHASA SEBAGAI MEDIA
PEMBELAJARAN BAHASA
A. Peranan
Laboratorium Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa
Laboratorium
bahasa tidak sekedar sebagai alat untuk memutar kaset atau video apalagi di
fungsikan sebagai pengganti guru. Laboratorium bahasa sebagai media pembelajaran
bertujuan untuk pelatihan berkomunikasi. Sebagai media pembelajaran,
laboratorium bahasa dapat digunakan untuk mengembangkan tidak hanya
keterampilan menyimak tetapi juga berbicara, membaca dan menulis dengan
menggunakan pendekatan komunikatif.
Berikut
adalah beberapa prinsip penting dalam pembelajaran dengan pendekatan
komunikatif :
1.
Transfer
of information ( transfer informasi )
2.
Information
gap ( kesenjangan informasi )
3.
Task
dependency ( keberlanjutan tugas )
4.
Self–motivated
participation ( motivasi sendiri )
5.
Student–centered
activity ( kegiatan berpusat pada siswa )
6.
Inter–student
communication ( komunikasi antar siswa )
7.
Student interaction
and cooperation ( kerjasama dan interaksi siswa )
8.
Non–judgemental evaluation ( penilaian yang tidak
memvonis )
9.
Correction
of the content ( koreksi isi informasi bukan tata bahasa )
10.
Group
problem solving ( memecahkan masalah bersama )
B. Perangkat
Keras dan Lunak Laboratorium Bahasa
Pada
prinsipnya perangkat keras laboratorium bahasa dapat dibedakan dalam dua
bagian yaitu meja guru (master console)
dan meja siswa (booth). Pada umumnya peralatan yang ada pada meja guru adalah :
1.
Piranti
masukan program
2.
Piranti
komunikasi melalui headset dan microphone
3.
Piranti
pengaturan komunikasi dengan siswa
4.
Piranti
penguat suara (amplifier/room speaker)
5.
Piranti
video monitor
6.
Televisi
besar
7.
CPU Komputer
Peralatan
pada meja siswa (booth) terdiri atas :
1.
Headset
dan microphone
2.
Pre-amplifier
3.
Tombol
pemanggil
Pada
umumnya yang dimaksud dengan perangkat lunak dalam laboratorium bahasa adalah
perangkat seperti pita kaset, pita
video, film, CD/VCD/DVD dan bahan-bahan pembelajaran cetak.
III.
PENGELOLAAN LABORATORIUM BAHASA
A. Pengelolaan
Administrasi
1. Struktur
Organisasi
Laboratorium
bahasa akan berfungsi secara optimal bila dikelola dengan mengikuti prosedur
kerja berdasarkan standar pengelolaan laboratorium bahasa. Salah satu
kelengkapan yang harus ada agar pengelolaan laboratorium bahasa dapat berjalan
dengan optimal adalah struktur organisasi laboratorium. Struktur organisasi
yang baik diikuti oleh pemahaman akan tugas dan kewajiban oleh setiap unsur
organisasi dapat menjamin terjadinya pengelolaan laboratorium yang efektif dan
efisien. Berikut ini adalah struktur
organisasi laboratorium bahasa MAN Leuwiliang Bogor tahun ajaran 2012/2013.
Kepala Sekolah
|
Drs.
Asep Ruhiat, M.M.Pd
|
Wakil
Kepala Madrasah
Bidang Sarana
|
Drs.
A. Supriadi
|
Koordinator Lab. Bahasa
|
Hendra,
M.Pd
|
Laboran
|
Hendra, M. Pd
|
Teknisi
|
Cecep
Komarudin
|
2. Uraian
Tugas
Tugas dan fungsi masing-masing pengelola
laboratorium adalah sebagai berikut :
a.
Kepala
Sekolah
Bertanggung jawab dan mengawasi jalannya
pelaksanaan pengelolaan, pemanfaatan, dan pengembangan laboratorium.
b.
Wakil
Kepala Madrasah Bidang
Sarana
Bertugas mengkoordinasikan
kegiatan-kegiatan pengelola, teknisi dan guru sesuai dengan program kerja yang
telah dijabarkan dan disepakati bersama dan yang telah mendapat persetujuan
Kepala Sekolah.
c.
Koordinator Laboratorium Bahasa
Bertugas merencanakan program pemanfaatan
laboratorium dan pengelolaan pemakaian laboratorium, menyusun jadwal penggunaan
laboratorium, member masukan program-program yang berkaitan dengan pengunaan
dan pengembangan laboratorium.
d.
Laboran
Bertugas : ( 1 ) membantu koordinator laboratorium dalam pemeliharaan dan perawatan
laboratorium, (2) bertanggung jawab terhadap kebersihan laboratorium, (3)
mengidentifikasi kebutuhan peralatan/administrasi laboratorium, (4) menyiapkan
perangkat lunak/program/peralatan yang akan digunakan dalam pembelajaran, (5)
melaporkan pada koordiantor lab tentang hal-hal yang menyangkut kerusakan,
kehilangan, ataupun hal-hal yang mengenai kebutuhan laboratorium yang
diperlukan.
e.
Teknisi
Bertugas memeriksa, mengecek dan memelihara
secara rutin piranti-piranti atau fasilitas yang ada di laboratorium bahasa dan
mengadakan perbaikan yang diperlukan.
3. Tata
Tertib
Tata
tertib merupakan aturan khusus yang
harus ditaati dalam pemakaian laboratorium.
TATA TERTIB PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA
MAN LEUWILIANG BOGOR TAHUN AJARAN 2012/2013
A. Penggunaan
Laboratorium
Pengguna
Laboratorium Bahasa MAN Leuwiliang Bogor
adalah guru/siswa MAN Leuwiliang Bogor atau pihak lain yang telah mendapatkan persetujuan
dari kepala MAN Leuwiliang Bogor.
Adapun ketentuan penggunaan Lab Bahasa adalah sebagai berikut:
a.
Di bawah pengawasan guru, instruktur atau
laboran untuk dapat menggunakan laboratorium.
b.
Duduk di
tempat kosong berdasarkan nomor kehadiran siswa di kelas (khusus untuk siswa).
c.
Tidak
membawa tas atau perlengkapan lainnya ke
laboratorium kecuali buku teks dan alat tulis.
d.
Mendengarkan
perintah atau instruksi dari guru, instruktur atau
asisten laboratorium sebelum memulai kegiatan.
e.
Mengerjakan
dan menuntaskan semua pekerjaan laboratorium di laboratorium.
f.
Menuntaskan
pekerjaan/tugas laboratorium dengan penuh tanggung jawab.
g.
Tidak
mengerjakan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan tugas di laboratorium.
h.
Tidak
memindahkan materi-materi, kaset-kaset, CD/DVD
dari laboratorium.
i.
Menjaga
dan memelihara fasilitas laboratorium.
j.
Tidak
mencorat-coret meja, kursi, dinding atau fasilitas lain yang ada di
laboratorium.
k.
Menjaga
kebersihan dan ketenangan laboratorium.
l.
Tidak
membawa makanan, minuman, permen karet dan tidak merokok di laboratorium.
m.
Tidak menggandakan/mengcopy materi-materi, program-program yang digunakan di
laboratorium tanpa izin.
n.
Segera
melaporkan apabila ada kerusakan alat kepada guru/instruktur/laboran/teknisi.
o.
Mengembalikan
alat yang dipakai ke tempat semula dengan rapi.
p.
Mengisi
dengan lengkap lembar laporan keadaan alat dan agenda kegiatan harian
laboratorium ( khusus guru/instruktur ).
B. Pengelolaan
Perangkat
Salah
satu aspek yang mendukung pemberdayaan laboratorium bahasa adalah pengelolaan
perangkat laboratorium yang baik. Kegiatan pengadministrasian perangkat
laboratorium merupakan bagian terpenting dari unsur pengelolaan laboratorium.
Kegiatan
pengelolaan perangkat laboratorium meliputi kegiatan pencatatan data teknis
barang/peralatan laboratorium, data kegiatan pemakaian laboratorium, dan
data-data lain yang diperlukan untuk proses pengontrolan barang. Beberapa
kartu/buku/catatan yang diperlukan dalam pengadministrasian laboratorium bahasa
adalah sebagai berikut :
1.
Buku
Peminjaman Barang
Petugas tidak dibenarkan meminjamkan barang
atau peralatan laboratorium tanpa tanda bukti peminjaman barang.
2.
Kartu
Inventaris Barang
Buku ini berguna untuk mengetahui data tentang
keseluruhan peralatan atau fasilitas yang ada di laboratorium bahasa.
3.
Buku
Harian
Berguna untuk mengontrol kegiatan sehari-hari
yang dilakukan pengguna (guru/instruktur/laboran/teknisi/siswa) di laboratorium
bahasa.
4.
Buku
Keadaan Sarana Laboratorium Bahasa
Untuk mengetahui sejarah alat, bila suatu alat
rusak dan diperbaiki, dilakukan pencatatan pada kartu reparasi alat.
C. Pengguna
Ruang Laboratorium Bahasa
1.
Digunakan 6 hari dalam seminggu (Senin s.d Sabtu)
2.
Dibuat
jadwal penggunaan laboratorium bahasa
3.
Ruang
laboratorium bahasa sebaiknya tidak dipergunakan untuk ruang belajar yang tidak
sesuai dengan fungsi laboratorium bahasa tersebut.
IV.
PENUTUP
Demikian program kerja laboratorium bahasa MAN
Leuwiliang Bogor ,
semoga dengan adanya program kerja
laboratorium bahasa ini, dapat
menunjang terselenggaranya proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa
terutama bahasa inggris secara efektif dan efisien sehingga peran laboratorium
bahasa dapat dimanfaatkan secara optimal.
Kami harap semua guru-guru atau pengguna
laboratorium dapat menjaga fasilitas laboratorium secara bersama-sama dan
memanfaatkannya secara maksimal sehingga target yang sudah ditetapkan dapat
tercapai.
Saran dan kritik yang
membangun sangat kami harapkan, untuk melengkapi segala
kekurangan atau kelemahan yang ada dalam
penyusunan buku program kerja ini. Sehingga buku program kerja ini di
masa yang akan datang lebih sempurna dan dapat dijadikan acuan bagi penyelenggaraan
proses belajar mengajar di Lab bahasa. Terima kasih.
Mengetahui, Bogor, 7 Juli 2014
Kepala MAN Leuwiliang Bogor Koordinator,
Drs. Asep Ruhiat, M.M.Pd Hendra,
M.Pd
NIP: 196108141998031002 NIP:
197107092001121002
Sangat membantu. Izin saya jadikan referensi ya mas :)
BalasHapus