Sabtu, 24 September 2016

RPP K13 Kelas XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Madrasah            :  MAN 2 Bogor
Mata pelajaran   :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester  :   XI/1
Alokasi Waktu     :  2 x 45 menit
Pokok Bahasan : Narrative Text

A.        Kompetensi Inti (KI) :
KI –I
:
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI -2
:
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI -3
:
3.    Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI -4
:
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar :

1.1
:
1.1   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.


2.1
:
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.



3.1
:
3.10    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.





4.1
:
4.15    . Menangkap makna teks naratif  lisan dan tulis berbentuk cerita pendek sederhana.







C.        Indikator Pencapaian Kompetensi:

1.1.1
:
1.1.1   Menunjukkan sikap optimis
1.1.2   Menunjukkan sikap semangat dalam belajar
2.1.1
:
2.2.1 Menunjukkan prilaku jujur
2.2.2 Menunjukkan prilaku disiplin
2.2.3 Menunjukkan prilaku percaya diri
2.3.4. menujukkan perilaku tanggung jawab

3.1.1
:
3.10.1. Mengidentifikasi fungsi sosial teks naratif sederhana
3.10.2. Menjelaskan fungsi sosial teks naratif sederhana
3.10.3. Menganalisis fungsi sosial teks naratif sederhana
3.10.4 Mengidentifikasi struktur teks
3.10.5 Menjelaskan struktur teks
3.10.6 menganalisis struktur teks
3.10.7 Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana.
3.10.8 Mejelaskan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana.
3.10.9 Menganalisis unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana.

4.1.1
:
4.15.1      Merespon cerita pendek sederhana berbentuk naratif secara lisan
4.15.2      Menyajikan cerita pendek sederhana dalam bentuk tulisan


D.        Materi  Pembelajaran   :
Cerita naratif, berbentuk legenda sederhana
E.         Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
1.       Pendahuluan
1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
3. Guru menyampaikan Kriteria Penialain
4. Guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari yaitu naratif teks.
5. Guru melakukan warming up game dengan lomba cepat buka kamus dari kosa kata yang diberikan guru
20 menit
2.       Kegiatan Inti
MENGAMATI
a. Siswa mengamati Video yang diputar guru
b. Siswa mencatat hal- hal yang terjadi dalam cerita

MENANYA
c. Siswa dan guru bertanya jawab tentang struktur teks naratif dan alur cerita

MENCOBA
d. Siswa menyaksikan kembali video tentang cerita “Rapunzel”
e. Secara berkelompok, siswa diminta untuk menuliskan kembali cerita tersebut menggunakan bahasa mereka sendiri dengan akhir cerita yang berbeda dari versi aslinya.

MENGASOSIASIKAN
f. Dengan bimbingan guru, siswa menganalisis struktur teks dan pesan moral dari Narrative Text
g. Siswa memperoleh feed back (umpan balik) dari guru dan teman sekelompok tentang struktur teks dan pesan moral dari Narrative Text

MENGKOMUNIKASIKAN
g. Perwakilan setiap kelompok menceritakan kembali Narrative Text  yang telah dipelajari menggunakan bahasa mereka sendiri.

50 menit
3.       Penutup
1. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2. Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari.
3. Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
4. Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

20 menit

F.         Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  :
1)        Teknik Penilaian pengetahuan dilakukan dengan : Tes Tertulis (terlampir)
2)        Teknik Penilaian Keterampilan dilakukan dengan : Non Tes / unjuk kerja (terlampir)
3)        Instrument Penilaian:
sikap spiritual dan sosial
a.    Instrumen penilaian sikap spiritual (lembar pengamatan terlampir)
b.    Instrumen penilaian sikap sosial (lembar pengamatan terlampir)
4)        Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.

G.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.       Media/Alat         : Laptop/computer, LCD, bola dan active speaker
2.       Bahan                   : Teks Monolog tentang naratif
3.       Sumber                : Video, Buku Teks dan kamus


Mengertahui,                                                                              Bogor, 25 September 2016
Kepala Madrasah                                                                       Guru Mata Pelajaran





Dra. Hj. N.Nani Ruhyani, M.Pd                                            Hendra, M.Pd
NIP. 196404161991032003                                                      NIP. 197107092001121002

LAMPIRAN
A. Aspek Penilaian Rasa syukur
No
Aspek
Skor
Keterangan/Rubrik/Kriteria
1
Rasa Syukur
3
Peserta didik Menunjukkan sikap optimis
2
Peserta didik kurang Menunjukkan sikap optimis
1
Peserta didik tidak Menunjukkan sikap optimis

Nilai : Skor yang diperoleh  x100 = ...........
3

B. Aspek Penilaian Sikap sosial (Kelas XI IPA 1)
NO
NAMA
JUJUR
DISIPLIN
PERCAYA DIRI
TANGGUNG JAWAB
1
ADE IRMA TRIANA




2
ALEK RAHMATULLOH




3
ANDIKA DINAR RUDIN




4
ANDREA HELENA ANGELINE




5
ASEP HIJKIL PURNADI




6
ASTI IRNAWATI




7
ATHIYYA WULIDA EL-ALAMANDA




8
DEVIA LESTARI




9
DIKI FAHRIANSYAH




10
DINA SITI MARIYAM




11
EUIS RIANA




12
FAHMIYAH




13
HERRY NUR ALAMSYAH




14
HILYATUL MILAH




15
IMAS TIANA SARI




16
IRA NURLAILA HUSNA




17
JAJA ILHAM




18
M. NURHADI BAMBANG SURYANTO




19
MEILIYA FARIDATUNNISA




20
MEILYATI ROHMAH




21
MOHAMMAD FAUZAN NABIL




22
MUHAMAD DZIKRI FAUZAN




23
MUHAMAD TIAR FATURAHMAN




24
MUHAMAD YUSRIL




25
NURLELA




26
NURUL KAMILATUSSA'DIAH




27
OKTIA MEGA LESTARI




28
PAOLENI MARLINA




29
PUTRA MAULANA




30
RINDI ANTIKA




31
SABILATUL MULUK




32
SHIWANGGI PUTRI




33
SIDIK




34
SITI FAROHA




35
SITI HADIJAH RAMADHANIY S




36
SITI HASANAH GUSTIANI




37
SITI NURLAENI YAHYA




38
SITI SARAH




39
TASYA ASTALIAH




40
WAHID WAHYUDIN




41
WINDA KUSUMA NINGSIH




42
WIWIN INDAH SARI




43
YUSNIASARI





Catatan:
Cara pengisian format penilaian lembar penilaian sikap adalah dengan memberika skor pada kolom kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama KBM, kriteria nya :
4 =sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang

C. Rubrik Speaking
No
Aspek yang dinilai
score
Keterangan
1
Structure
4
Tidak ada kesalahn struktur saat percapaan
3
Ada kesalahan struktur namun bias dipahami
2
Banyak keslahan struktur dan sulit dipahami
1
Banyak kesalhan struktur dan sulit dipahami
2
Pronounciation
4
Peserta dapat melafalkan ungkapan mendekati native speaker
3
Peserta didikd dapat melafalkan ungkapan dipengaruhi dengan logat lokal
2
Peserta didik melafalkan ungkapan dengan mnggunakan logat bahasa lokal dan masih dapat dipahami
1
Peserta didik melafalkan ungkapan dengan mnggunakan logat bahasa lokal dansulit dipahami.
3
Fluency
3
Peserta didik mengungkapnan dengan lancar
2
Peserta didik mengungkapkan diselingi dengan jeda
1
Peserta diidik mengungkapan dengan banyak jeda.
Nilai : Skor yang diperoleh  x100
                         11


D. Rubrik Writing


No.

Uraian
Skor

1.
2.

3.

4

Isi, langkah retorika, tata bahasa dan alur cerita benar
Isi,langkah retorika , tata bahasa dan alur cerita benar tapi masih ada kesalahan
Isi,langkah retorika , tata bahasa dan alur cerita kurang tepatdan  masih ada kesalahan
Isi, langkah retorika , tata bahasa dan alur cerita tidak tepat dan banyak  kesalahan


81 – 100
70 – 80

50  -  69

0 - 49




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat