RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Madrasah : MAN 2 Bogor
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Pokok Bahasan : Narrative
Text
A.
Kompetensi
Inti (KI) :
KI –I
|
:
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI -2
|
:
|
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI -3
|
:
|
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
KI -4
|
:
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar :
1.1
|
:
|
1.1
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
|
2.1
|
:
|
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
|
|
3.1
|
:
|
3.10
Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana
berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
|
4.1
|
:
|
4.15
. Menangkap makna teks
naratif lisan dan tulis berbentuk
cerita pendek sederhana.
|
|
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
1.1.1
|
:
|
1.1.1
Menunjukkan
sikap optimis
1.1.2
Menunjukkan
sikap semangat dalam belajar
|
2.1.1
|
:
|
2.2.1
Menunjukkan prilaku jujur
2.2.2
Menunjukkan prilaku disiplin
2.2.3
Menunjukkan prilaku percaya diri
2.3.4.
menujukkan perilaku tanggung jawab
|
3.1.1
|
:
|
3.10.1.
Mengidentifikasi fungsi sosial teks naratif sederhana
3.10.2.
Menjelaskan fungsi sosial teks naratif sederhana
3.10.3.
Menganalisis fungsi sosial teks naratif sederhana
3.10.4
Mengidentifikasi struktur
teks
3.10.5
Menjelaskan struktur
teks
3.10.6
menganalisis struktur
teks
3.10.7
Mengidentifikasi unsur
kebahasaan pada teks naratif sederhana.
3.10.8
Mejelaskan unsur
kebahasaan pada teks naratif sederhana.
3.10.9
Menganalisis unsur
kebahasaan pada teks naratif sederhana.
|
4.1.1
|
:
|
4.15.1 Merespon
cerita pendek sederhana berbentuk naratif secara lisan
4.15.2 Menyajikan
cerita pendek sederhana dalam bentuk tulisan
|
D.
Materi Pembelajaran
:
Cerita naratif, berbentuk legenda sederhana
E.
Kegiatan
Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
1.
Pendahuluan
|
1. Siswa
menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengkondisikan diri siap belajar.
2. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat
menguasai materi pembelajaran.
3. Guru
menyampaikan Kriteria Penialain
4. Guru
mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari
yaitu naratif teks.
5. Guru
melakukan warming up game dengan lomba cepat buka kamus dari kosa kata yang
diberikan guru
|
20 menit
|
2.
Kegiatan Inti
|
MENGAMATI
a. Siswa
mengamati Video yang diputar guru
b. Siswa
mencatat hal- hal yang terjadi dalam cerita
MENANYA
c. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang struktur teks naratif dan alur cerita
MENCOBA
d. Siswa menyaksikan
kembali video tentang cerita “Rapunzel”
e. Secara
berkelompok, siswa diminta untuk menuliskan kembali cerita tersebut
menggunakan bahasa mereka sendiri dengan akhir cerita yang berbeda dari versi
aslinya.
MENGASOSIASIKAN
f. Dengan
bimbingan guru, siswa menganalisis struktur teks dan pesan moral dari Narrative
Text
g. Siswa
memperoleh feed back (umpan balik) dari guru dan teman sekelompok tentang struktur
teks dan pesan moral dari Narrative Text
MENGKOMUNIKASIKAN
g.
Perwakilan setiap kelompok menceritakan kembali Narrative Text yang telah dipelajari menggunakan bahasa
mereka sendiri.
|
50 menit
|
3.
Penutup
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2. Siswa
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari.
3. Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
4. Guru
menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan :
1)
Teknik Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan : Tes Tertulis (terlampir)
2)
Teknik Penilaian Keterampilan
dilakukan dengan : Non Tes / unjuk kerja (terlampir)
3)
Instrument Penilaian:
sikap spiritual dan sosial
a. Instrumen penilaian sikap spiritual (lembar
pengamatan terlampir)
b. Instrumen penilaian sikap sosial (lembar
pengamatan terlampir)
4)
Pembelajaran Remedial
dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan
segera setelah kegiatan penilaian.
G.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Laptop/computer, LCD, bola dan active
speaker
2.
Bahan : Teks Monolog tentang naratif
3.
Sumber : Video, Buku Teks dan kamus
Mengertahui, Bogor,
25 September 2016
Kepala
Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Dra.
Hj. N.Nani Ruhyani, M.Pd Hendra,
M.Pd
NIP.
196404161991032003 NIP.
197107092001121002
LAMPIRAN
A. Aspek Penilaian Rasa syukur
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan/Rubrik/Kriteria
|
1
|
Rasa Syukur
|
3
|
Peserta didik Menunjukkan sikap optimis
|
2
|
Peserta didik kurang Menunjukkan sikap optimis
|
||
1
|
Peserta didik tidak Menunjukkan sikap optimis
|
Nilai : Skor yang diperoleh x100
= ...........
3
B. Aspek Penilaian Sikap
sosial (Kelas XI IPA 1)
NO
|
NAMA
|
JUJUR
|
DISIPLIN
|
PERCAYA DIRI
|
TANGGUNG JAWAB
|
1
|
ADE IRMA TRIANA
|
|
|
|
|
2
|
ALEK RAHMATULLOH
|
|
|
|
|
3
|
ANDIKA DINAR RUDIN
|
|
|
|
|
4
|
ANDREA HELENA ANGELINE
|
|
|
|
|
5
|
ASEP HIJKIL PURNADI
|
|
|
|
|
6
|
ASTI IRNAWATI
|
|
|
|
|
7
|
ATHIYYA WULIDA
EL-ALAMANDA
|
|
|
|
|
8
|
DEVIA LESTARI
|
|
|
|
|
9
|
DIKI FAHRIANSYAH
|
|
|
|
|
10
|
DINA SITI MARIYAM
|
|
|
|
|
11
|
EUIS RIANA
|
|
|
|
|
12
|
FAHMIYAH
|
|
|
|
|
13
|
HERRY NUR ALAMSYAH
|
|
|
|
|
14
|
HILYATUL MILAH
|
|
|
|
|
15
|
IMAS TIANA SARI
|
|
|
|
|
16
|
IRA NURLAILA HUSNA
|
|
|
|
|
17
|
JAJA ILHAM
|
|
|
|
|
18
|
M. NURHADI BAMBANG
SURYANTO
|
|
|
|
|
19
|
MEILIYA FARIDATUNNISA
|
|
|
|
|
20
|
MEILYATI ROHMAH
|
|
|
|
|
21
|
MOHAMMAD FAUZAN NABIL
|
|
|
|
|
22
|
MUHAMAD DZIKRI FAUZAN
|
|
|
|
|
23
|
MUHAMAD TIAR FATURAHMAN
|
|
|
|
|
24
|
MUHAMAD YUSRIL
|
|
|
|
|
25
|
NURLELA
|
|
|
|
|
26
|
NURUL KAMILATUSSA'DIAH
|
|
|
|
|
27
|
OKTIA MEGA LESTARI
|
|
|
|
|
28
|
PAOLENI MARLINA
|
|
|
|
|
29
|
PUTRA MAULANA
|
|
|
|
|
30
|
RINDI ANTIKA
|
|
|
|
|
31
|
SABILATUL MULUK
|
|
|
|
|
32
|
SHIWANGGI PUTRI
|
|
|
|
|
33
|
SIDIK
|
|
|
|
|
34
|
SITI FAROHA
|
|
|
|
|
35
|
SITI HADIJAH RAMADHANIY S
|
|
|
|
|
36
|
SITI HASANAH GUSTIANI
|
|
|
|
|
37
|
SITI NURLAENI YAHYA
|
|
|
|
|
38
|
SITI SARAH
|
|
|
|
|
39
|
TASYA ASTALIAH
|
|
|
|
|
40
|
WAHID WAHYUDIN
|
|
|
|
|
41
|
WINDA KUSUMA NINGSIH
|
|
|
|
|
42
|
WIWIN INDAH SARI
|
|
|
|
|
43
|
YUSNIASARI
|
|
|
|
|
Catatan:
Cara pengisian format penilaian lembar penilaian sikap adalah dengan
memberika skor pada kolom kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik
selama KBM, kriteria nya :
4 =sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup, 1 = kurang
C. Rubrik Speaking
No
|
Aspek yang dinilai
|
score
|
Keterangan
|
1
|
Structure
|
4
|
Tidak ada kesalahn struktur saat percapaan
|
3
|
Ada kesalahan struktur namun bias dipahami
|
||
2
|
Banyak keslahan struktur dan sulit dipahami
|
||
1
|
Banyak kesalhan struktur dan sulit dipahami
|
||
2
|
Pronounciation
|
4
|
Peserta dapat melafalkan ungkapan mendekati native speaker
|
3
|
Peserta didikd dapat melafalkan ungkapan dipengaruhi dengan logat lokal
|
||
2
|
Peserta didik melafalkan ungkapan dengan mnggunakan logat bahasa lokal dan masih dapat dipahami
|
||
1
|
Peserta didik melafalkan ungkapan dengan mnggunakan logat bahasa lokal dansulit dipahami.
|
||
3
|
Fluency
|
3
|
Peserta didik mengungkapnan dengan lancar
|
2
|
Peserta didik mengungkapkan diselingi dengan jeda
|
||
1
|
Peserta diidik mengungkapan dengan banyak jeda.
|
Nilai : Skor yang diperoleh x100
11
D. Rubrik Writing
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
4
|
Isi, langkah retorika, tata bahasa dan
alur cerita benar
Isi,langkah retorika , tata bahasa dan
alur cerita benar tapi masih ada kesalahan
Isi,langkah retorika , tata bahasa dan
alur cerita kurang tepatdan masih ada
kesalahan
Isi, langkah retorika , tata bahasa dan
alur cerita tidak tepat dan banyak
kesalahan
|
81 – 100
70 – 80
50
- 69
0 - 49
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar