Sabtu, 06 Agustus 2016

FORMAT PENGAMATAN PELAKSANAAN MICROTEACHING

Format Pengamatan Pelaksanaan Microteaching
Diklat Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru Muda
Mata Pelajaran Bahasa Inggris Madrasah Aliyah
Tahun 2016

Nama Kelompok Penilai  : _________________________________________
Kelompok yang Dinilai    : _________________________________________               
Kelas                                : _________________________________________
Topik/Subtopik                 : _________________________________________

Skor

Aspek yang Diamati
Tidak  terpenuhi
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi
Seluruhnya
Saran Perbaikan
0
1
2
Kegiatan Pendahuluan




Apersepsi dan Motivasi




1
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan




2
Mengaitkan materi  sebelumnya  dengan materi yang akan dipelajari



3
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari



4
Menyampaikan garis besar cakupan materi



Penyampaian kompetensi, rencana kegiatan dan penilaian





1
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai



2
Menyampaikan garis besar kegiatan yang akan dilakukan



3.
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan



Kegiatan Inti




Penguasaan materi pembelajaran




1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan kompetensi dasar




2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek, dan kehidupan nyata.




3
Menyajikan  pembahasan  materi pembelajaran dengan tepat.




Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik




1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai




2
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)




3
Menguasai kelas




4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan




5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat




6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar




7
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual




8
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)




9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan




Penerapan Pendekatan  Saintifik




1
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan  bagi  peserta didik untuk  mengamati




2
Memancing peserta didik untuk bertanya apa, mengapa, dan bagaimana




3
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi




4
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan




5
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya




Pemanfaatan media/sumber belajar dalam pembelajaran




1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media belajar 




2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan   sumber pembelajaran




3
Melibatkan peserta didik dalam  pemanfaatan  media belajar




4
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan    sumber pembelajaran




5
Menghasilkan pesan yang menarik




 Pelaksanaan penilaian pembelajaran




1
Melaksanakan Penilaian Sikap



2
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan



3
Melaksanakan Penilaian Keterampilan



Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran




1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar




2
Merespon positif partisipasi peserta didik




3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik




4
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar




Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar




2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar




Kegiatan Penutup

Penutup pembelajaran                     




1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  merangkum materi pelajaran




2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran




3
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran




4
Melakukan penilaian




5
Merencanakan kegiatan tindak lanjut




6
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




Jumlah






Catatan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat