Format Pengamatan Pelaksanaan Microteaching
Diklat
Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru Muda
Mata
Pelajaran Bahasa Inggris Madrasah Aliyah
Tahun
2016
Nama Kelompok Penilai :
_________________________________________
Kelompok yang Dinilai :
_________________________________________
Kelas :
_________________________________________
Topik/Subtopik :
_________________________________________
Skor
|
|
||||
Aspek yang Diamati
|
Tidak terpenuhi
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
Seluruhnya
|
Saran Perbaikan
|
|
0
|
1
|
2
|
|||
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
Apersepsi dan Motivasi
|
|
|
|
|
|
1
|
Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
|
|
|
|
|
2
|
Mengaitkan materi sebelumnya
dengan materi yang
akan dipelajari
|
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
4
|
Menyampaikan garis besar cakupan materi
|
|
|
|
|
Penyampaian kompetensi,
rencana kegiatan dan penilaian
|
|
|
|
|
|
1
|
Menyampaikan kompetensi yang
akan dicapai
|
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan garis besar kegiatan yang akan dilakukan
|
|
|
|
|
3.
|
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
|
Penguasaan materi
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Kemampuan menyesuaikan materi dengan kompetensi dasar
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang
relevan, perkembangan Iptek, dan
kehidupan nyata.
|
|
|
|
|
3
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
|
|
|
|
Penerapan
strategi pembelajaran yang mendidik
|
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
|
2
|
Menyajikan materi
secara sistematis (mudah ke sulit,
dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
3
|
Menguasai kelas
|
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif
peserta didik dalam mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif
peserta didik dalam mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan
peserta didik sesuai dengan materi ajar
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
|
8
|
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kebiasaan dan
sikap positif (nurturant effect)
|
|
|
|
|
9
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan
|
|
|
|
|
Penerapan Pendekatan Saintifik
|
|
|
|
|
|
1
|
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi
peserta didik untuk mengamati
|
|
|
|
|
2
|
Memancing peserta didik untuk bertanya apa, mengapa, dan bagaimana
|
|
|
|
|
3
|
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik
untuk mengumpulkan informasi
|
|
|
|
|
4
|
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik
untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan
|
|
|
|
|
5
|
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik
untuk mengomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya
|
|
|
|
|
Pemanfaatan
media/sumber belajar dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media belajar
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan
media belajar
|
|
|
|
|
4
|
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber pembelajaran
|
|
|
|
|
5
|
Menghasilkan pesan yang menarik
|
|
|
|
|
Pelaksanaan penilaian pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan Penilaian Sikap
|
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan Penilaian Keterampilan
|
|
|
|
|
Pelibatan peserta didik
dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber
belajar
|
|
|
|
|
2
|
Merespon
positif partisipasi peserta didik
|
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons peserta didik
|
|
|
|
|
4
|
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam
belajar
|
|
|
|
|
Penggunaan bahasa yang benar
dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menggunakan bahasa
lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
|
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
||||
Penutup
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik merangkum materi pelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk merefleksi proses dan materi
pelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
4
|
Melakukan
penilaian
|
|
|
|
|
5
|
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut
|
|
|
|
|
6
|
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Catatan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar