INTERVIEW
Berikut ini adalah hasil wawancara tentang kemahiran berbicara dalam bahasa Inggris dengan seorang
Guru/Ustadz
Jum’at, 11 April 2008
No
|
Coded Transcriptions
|
Critical Analysis (Propositions)
|
Extent Theories
|
1
|
Sudah berapa tahun bapak mengajar di pesantren ini?
Eu...saya mengajar kurang lebih dua tahun ya...pertama pengabdian pertama
terus tahun sekarang itu tahun kedua
|
|
|
2
|
Bagaimana menurut pendapat Bapak kemahiran
berbicara dicapai dalam berbahasa khususnya bahasa Inggris?
Menurut saya..eee…speaking skill iitu eee
akan kita peroleh dengan baik jika kita memperaktekan bahasa yang kita
pelajari itu eee… secara praktis sehari-hari kita berkomunikasi dengan bahasa
tersebut…karena ada istilah ala bisa karena biasa gitu..dan eee…kita juga
perlu mendengarkan eee..lagu-lagu berbahasa inggris terus eee..movie-movie
yang berbahasa inggris dan sering membaca teks yang berbahasa inggris gitu…
|
The easiest way to gain speaking proficiency
is to practice more.
Exposures, engagement, and support help
students to develop their language
|
Musthafa
(2003)
|
3
|
Apa target Bapak/pesantren bagi para santri dalam kemahiran berbicara
dalam bahasa Inggris?
Eeee...target pesantren ummul quro eee...yang utama adalah mencetak
eee..kader-kader dai-dai yang mampu menyampaikan eee agama islam ajaran islam
dengan bahasa inggris karena eee...historical background nya itu dulu ada
permintaan dari australia untuk mengirimka dai-dai ke australia untuk
mengajari islam di sana gitu.
|
|
|
4
|
Berdasarkan pengalaman Bapak, apa yang harus dilakukan untuk
mengembangkan kemahiran berbicara dalam bahasa Inggris ?
ee..banyak hal yang harus ditempuh untuk dapat mengembangkan bahasa
inggris ya...yang pertama eeee..dari 4 aspek bahasa itu reading listening
speaking dan writing lalu diteruskan dengan ee.e...berbicara praktis ya...dan
disiplin utamanya untuk pengembangan seperti di pondok ini ya..kita
me..apa...kita diwajibkan untuk berbicara eee...bahasa inggris dengan semua
siswa dan semua penghuni inilah pesantren disini dan mulai staf dan lainnya...
|
To develop English speaking proficiency,
it should be slowly but steadily, through constant revision and recycling
To be able to speak fluently in a foreign
language requires a lot of practice.
|
Klancar
(2006).
Pinter
(2006)
|
5
|
Kegiatan-kegiatan apa saja yang mendukung pengembangan penguasaan
kemahiran berbicara dalam Bahasa Inggris di pesantren?
Eee....ada beberapa eee...hal yang menonjol dalam pengembangan bahasa
inggris di peantren ini...pertama yaitu morning conversation walaupun sekarag
sudah dirubah waktunya ya...ke malam terus ee...vocabulary drill itu setiap
malam juga kita kasih ee...vocab setiap hari 2 dan eee...audiovisual terus
eee...lab bahasa dan ee...language broadcasting itu...dan masih banyak
yaa...kegiatan-kegiatan yang menyangkut eee...kegiatan apa pengembangan
bahasa inggris seperti kursus-kursus yang diadakan seperti kursus tenses,
idiom...dan lain sebagainya.
|
Mixed activities make students’ speaking
abilities grow, their pronunciation gets better and their awareness of the
language improves.
|
(Klancar:
2006).
|
6
|
Kendala-kendala apa yang Bapak alami dalam proses pengembangan penguasaan
kemahiran berbicara dalam Bahasa Inggris?
Mungkin kendala yang didapat disini ee..yaitu..eee...kendala disiplin
ee...dahulu dan sekarang mungkin ada perubahan dala penerapan sangsi... kalau
dulu..eee...apaliagi waktu zaman saya... apa..memegang bahasa itu
dulu...memang karena waktu itu masih mengacu ke gontor jadi kita memakai
sangsinya ada yang tegas dalam tanda kutip ya...sedikit kekerasan disana ya
gitu...walaupun ngga begitu keras dan sekarang yang ada itu adalah sangsi
bagaimana menghilangkan kekerasan itu...proses ke sana memng susah sekali
karena mebuat anak jera itu sangat sulit sekali, kalau dulu mungkin dengan
masih adanya ...eee...pukulan...anak sekali masuk ke mahkamah bahasa aja
sudah ngeri gitu tapi kalau sekarang kayanya cendrung meremehkan
gitu...mungkin karena kurang ....belum ada bentuk baru untuk membuat anak
jera gitu...
|
Discipline
is the paramount important
thing in developing stundents’ speaking proficiency
|
|
7
|
Bagaimana cara Bapak atau pesantren dalam mengatasi kendala-kendala
tersebut?
Eee...mungkin sekarang kami .....eee...memberikan sangsi yang lebih
positif lagi ke anak yang menyuruh mereka memberi...apa..menghapal..muprodat-muprodat
yang berbahasa inggris yang berkaitan dengan pelajaran2 yang sering
dipelajari misalkan satu contoh eee...pelajaran tafsir...e...dalam minggu ini
apa yang sedang dipelajari tafsir yang mana a itu vocabularinya di...dicari
yang susah2 dan diikin dalam e....beberapa kalimat itu mungkin salah satu
alternatif untuk anak sekaligus sangsi sebagai sangsi yang mendidik gitu
|
Punishment
encourages students to develop more English -speaking proficiency
Everything can be done to facilitate students
develop their speaking ability
|
Skinner,
and Stimulus-Response (S-R) (1957)
Brown
(2001)
|
8
|
Faktor-faktor apa saja yang mendukung kemajuan dalam pengembangan
komunikasi bahasa inggris di pesantren?
ee....faktor2 yang paling fundamental adalah adanya beberapa mata
pelajaran yang di..e....diberikan dengan bahasa ingris yaitu tafsir hadist
dan tarikh islam yang pengantarnya bahasa inggris dan metode pengajarannya
yaitu dengan si anak harus me-retell kembali eee...pelajaran yang
sudah...diterangkan oleh guru dan disitulah akan terlatih anak dalam
ee...penyampaian dalam bahasa inggris cara praktis komunikatif
|
Students must have ample opportunities to
hear and see the English language being used for communication purposes in
their social environment
|
Musthafa
(2003)
|
9
|
Bagaimana proses belajar mengajar Bahasa Inggris di dalam kelas? Apakah
bapak selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar?
Eee...proses belajar mengajar bahasa inggris di dalam kelas kita memakai
direct method ya...direct method yaitu dengan ee....disampaikan dengan bahasa
inggris dengan...oleh2 gurunya di kelas itu wajib untuk berbicara bahasa
inggris e.e.....untuk pelajaran2 yang berbahasa inggris
|
Teacher’s English speaking facilitates
students to develop their speaking ability
|
|
10
|
Berapa jam pelajaran bahasa Inggris di berikan dalam seminggu di kelas?
Dan apa pengaruh jumlah jam pelajaran terhadap kemahiran siswa dalam
brbicara?
Eee...untuk bahasa inggris ee...secara umum ee...karena mungkin kalau
dari mata pelajarannya aja udah...ada tafsir hadist tarekh islam grammar
terus bahasa inggris sendiri ya..ada lima ya...itu rata2 2 jam 1 minggu
berarti mungkin antara 10...10 lah 10 jam
Eee...saya rasa sangat berpengaruh sekali karena dengan otomatis anak
akan terus berkecimpung di dunia eeee...bahasa inggris gitu malahan cendrung
..eeee...santri disini itu ...hampir ....mungkin kalo diukur untuk
dipresentasikan antara bahasa arab dan bahasa inggris cendrung fifty2 bahkan
bahasa inggris cendrung yang lebih dominan gitu...karena lebih2 dominannya
mata pelajaran yang dipengantari dengan bahasa inggris .
|
The large amount of English period helps
student to develop their English proficiency
|
|
11
|
Adakah pelajaran selain pelajaran bahasa Inggris
yang mendukung peningkatan bahasa Inggris khususnya kemahiran berbicara?
Kalau ada mohon dijelaskan.
Kalau untuk pelajaran di luar bahasa inggris
ee....ya mungkin pelajarn hadits, tafsir dan tarekh islam dengan menggunakan
bahasa inngris sebagai bahasa pengantarnya...itu ..yang mendukungnya itu...
Mulai kelas berapa itu????
Itu dari kelas 2 mts...sampai kelas 6 atau 3 MA
|
|
|
12
|
Menurut pendapat bapak apakah ”morning conversation” sangat
berpengaruh dan bermanfaat dalam mengembangkan kemahiran berbahasa khususnya
kemahiran berbicara dalam bahasa Inggris?
Eee...menurut saya morning conversation itu sangat berpengaruh sekali
karena disitu anak dituntut untuk berbicara praktis mengeluarkan semua
imaginasinya dalam bentuk bahasa inggris gitu dan ee... anak juga
eee....secara tidak langsung dipaksa untuk2 berbicara ...ya...dengan bahasa
yang formal gitu....dengan bahasa yang formal dengan cara eee...face to face
dan sekarang mungkin ada metode dengan cara satu anak mengajukan satu
pertanyaaan dan digilir dari satu kelompok itu jadi masing2 anak itu nantinya
punya 1 apa...memiliki 10 jawaban gitu...kalo ada 10 besrti dia memiliki 9
jawaban masing2 anak itu dengan 1 pertanyaan itu.
|
|
|
13
|
Bagaimana latihan berpidato bahasa inggris (Public Speaking Club)membantu
siswa dalam pengembangan kemahiran berbicara?
Eee.....proses speaking public e...disini mempengaruhi juga dalam bahasa
karena disitu..eee..si murid dituntut untuk membuat 1 apa istilahnya...1 teks
berbahasa inggris yang formal dan berbobot dan itu dihapalkan lalu dengan
sendirinya dia harus mempresentasikannya di depan audience dan itu juga
melatih mental mereka untuk nanti berbicara menyampaikan ajaran islam kalau
misalkan ada tuntutan ke luar negeri...ke sana
|
|
|
14
|
Sejauh mana pengaruh pemberian kosa kata yang diberikan setiap pagi membantu
siswa dalam pengembangan kemahiran berbicara?
Pemberian kosa kata saya rasa sangat berpengaruh sekali karena
ee....dengan adanya pemberian kosa kata berarti siswa terus mendapakan banyak
hapalan2 dan kosa kata mereka karena selain kita berika juga kita wajibkan
untuk menghapal dan kita ada cek nya nanti di minggu terakhir hari sabtu
biasanya kita cek apakah anak itu menghapal
kosa kata yang ada atau tidak dan lebih dari itu kosa kata itu di
berikan selain yang secara prktis dikelas ada juga yang di papan2 tulis yaitu
seperti idiom juga dikasih prosa dan lain sebagainya dan itu juga wajib
ditulis oleh semua anggota dan wajib dihapal
|
|
|
15
|
Sejauh mana pengaruh pengajaran tafsir dan hadits yang diberikan dengan
menggunakan bahasa inggris membantu siswa dalam pengembangan kemahiran
berbicara?
Eee..saya rasa seperti yang saya katakan tadi dengan adanya hadits tafsir
dan tarekh islam yang berbasis bahasa inggris eee...si anak akan selalu
berkomunikasi dan selalu berbicara dengan bahasa inggris terutama di kelas
dalam pelajaran itu ya... dan dengan tidak langsung si anak akan lebih
dituntut untuk menghapal more kosa kata yang berbahasa inggris dan juga
eeee...akan mempraktekkannya langsung gitu secara lisan di depan teman2nya
dan itu saya rasa sangat mempengaruhi sekali gitu karena dengan begitu anak
terbiasa akan selalu berbicara bahasa inggris
|
|
|
16`
|
Bagaimana menurut bapak peran mahkamah bahasa dalam pengembangan
kemahiran berbicara?
Peran mahkamah bahasa adalah mungkin final dari pengembangan bahasa di
sini karena dengan adanya mahkamah bahasa kontrol terhadap anak untuk
berbicara bahasa inggris itu sangat dominan sekali setidaknya dengan adanya MB
anak akan eee...membuat anak takut untuk berbicara bhs indonesia gitu karena
di sini ya...untuk dalam pendidikan mungkin awalnya kita paksa ya...setelah
kita paksa nantinya akan terbiasa dengan2 kebiasaan mereka dan dengan MB ini
setidaknya eeee...meminimalisir anak untuk berbicara bhs indonesia dan mereka
dituntut dlm seminggu ini untuk berbicara bhs inggris e....dimanapun dan
kapanpun...mereka berada dan kepada siapapun mereka berbicara gitu
|
|
|
17
|
Bagaimana menurut bapak peran disiplin bahasa dalam pengembangan
kemahiran berbicara?
Saya rasa disiplin itu sangat signifikan sekali karena tanpa disiplin
namanya anak itu tidak akan bisa konsisten dalam mengerjakan apa yang
diwajibkan oleh pondok gitu...dan disiplin ini juga sebagai follow up dari
semua program pengembangan bahasa gitu. Tanpa disiplin bahasa tidak akan
jalan gitu
|
|
|
18
|
Faktor-faktor apa saja yang mendukung kemajuan dalam pengembangan
kemahiran berbicara dalam bahasa inggris di pesantren?
Mungkin salah satunya adalah lingkungan ya....karena dengan lingkungan
disini yang setiap hari memakai bahasa inggris...otomatis mereka akan
terbiasa untuk berbicara bahasa inggris dan dengan adanya pamplet2 dan
tulisan2 yang ada di setiap tempat yg memakai bhs inggris anak jg akan dengan
sendirinya akan hapal dan teringat terus kosa kata yang mereka pahami
gitu
|
|
|
19
|
Bagaimana proses belajar mengajar Bahasa Inggris di dalam kelas anda?
Apakah guru/ustadz bahasa Inggris selalu menggunakan bahasa inggris dalam
mengajar?
ee....dalam proses pengajaran bhs inggris kita dewan guru di pesantren
UQI akan selalu berbicara dengan bhs inggris ya....untuk pelajaran bhs
inggris khususnya dan kita selalu berbicara dan menyampaikan pelajaran itu
dengan bhs ingris karena apa pelajarannya sendiri tertulis dengan teks dalam
bahasa inggris gitu otomatis kita menerangkan pelajarannya dengan bahasa
inggris juga gitu ....
|
|
|
20
|
Apakah bapak selalu menggunakan bahasa inggris ketika berbicara dengan siswa?
tentu saja walaupun terkadang ....eeeee...kita lihat anaknya gitu mungkin
untuk ukuran anak kelas 1 mungkin ee...kalau misalkan kurang
penting...ee......sangat penting sekali disampaikan untuk berbicara dengan
bahasa indonesia gitu tapi secara umum saya selalu mengunakan bahasa inggris
Peraturan-peraturan apa yang diterapkan di dalam pesantren guna
mengembangkan kemahiran berbahasa khususnya kemahiran bericara?
Eee...peraturannya secara umum...eee....siswa diwajibkan untuk berbicara
bhs inggris dalam kurun waktu seminggu ada minggu arab dan inggris, dalam
waktu seminggu semua komunikasi wajib disampaikan dengan bahasa inggris dan
dilarang memakai bhs indonesia apalagi dengan bahasa daerah itu sudah pelanggaran
berat dan siapapun yang berbicara bahasa indonesia ataupun bhs daerah
....ya...dikenakan sangsi dan anak juga diwajibkan membawa vocab yaitu buku
saku kecil untuk menulis kosa kata yang diberikan oleh bagian bahasa yang
ditempelkan di...ee....setiap sudut ruangan...di pesantren ....
Sangsi2 apa yang diberikan kepada siswa?????
Eee.....pertama kali kita eee...untuk pelanggaran pertama kita memakai
tradisi ee....nasehat gitu ya.....dan untuk kedua ketiga dan selanjutnya gitu
kita ada frekwensinya....tergantung tingkat pelanggarannya, ada kategori
ringan, ada kategori berat klo untuk anak yang sesekali dengan keceplosan
mengeluarkan bahasa kata yang berbahasa indonesia itu mungkin dikategorikan
sebagai pelanggarn ringan tapi untuk yang ngobrol bericara banyak dgn hs
indonesia atau bahkan denganbhs daerah itu udah masuk pelanggaran berat dan
sangsinya jg dibedakan antara pelanggaran ringan dan pelanggaran berat 18.40
|
|
|
21
|
Apakah Bapak puas dengan keterampilan atau kemahiran berbicara para
santri dalam bahasa inggris?
Eeee... saya rasa saya belum puas dengan ee....apa yang telah dilakukan
karena kalo kita merasa puas tidak akan eeeee...terus melakukan perbaikan
gitu...saya tidak puas dan saya berjanji dan berhasrat ingin terus
mengembangkan bahasa inggris sampai eee...bener2 menjadi yang terbaik
lahh....
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar