Senin, 08 Agustus 2016

GUIDED INTERVIEW

INTERVIEW
Berikut ini adalah hasil wawancara tentang kemahiran  berbicara dalam bahasa Inggris dengan seorang Guru/Ustadz
Jum’at, 11 April 2008

No
Coded Transcriptions
Critical Analysis (Propositions)
Extent Theories
1
Sudah berapa tahun bapak mengajar di pesantren ini?
Eu...saya mengajar kurang lebih dua tahun ya...pertama pengabdian pertama terus tahun sekarang itu tahun kedua



2
Bagaimana menurut pendapat Bapak kemahiran berbicara dicapai dalam berbahasa khususnya bahasa Inggris?
Menurut saya..eee…speaking skill iitu eee akan kita peroleh dengan baik jika kita memperaktekan bahasa yang kita pelajari itu eee… secara praktis sehari-hari kita berkomunikasi dengan bahasa tersebut…karena ada istilah ala bisa karena biasa gitu..dan eee…kita juga perlu mendengarkan eee..lagu-lagu berbahasa inggris terus eee..movie-movie yang berbahasa inggris dan sering membaca teks yang berbahasa inggris gitu…

The easiest way to gain speaking proficiency is to practice more.

Exposures, engagement, and support help students to develop their language 




Musthafa (2003)

3
Apa target Bapak/pesantren bagi para santri dalam kemahiran berbicara dalam bahasa Inggris?
Eeee...target pesantren ummul quro eee...yang utama adalah mencetak eee..kader-kader dai-dai yang mampu menyampaikan eee agama islam ajaran islam dengan bahasa inggris karena eee...historical background nya itu dulu ada permintaan dari australia untuk mengirimka dai-dai ke australia untuk mengajari islam di sana gitu.




4
Berdasarkan pengalaman Bapak, apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan kemahiran berbicara dalam bahasa Inggris ?
ee..banyak hal yang harus ditempuh untuk dapat mengembangkan bahasa inggris ya...yang pertama eeee..dari 4 aspek bahasa itu reading listening speaking dan writing lalu diteruskan dengan ee.e...berbicara praktis ya...dan disiplin utamanya untuk pengembangan seperti di pondok ini ya..kita me..apa...kita diwajibkan untuk berbicara eee...bahasa inggris dengan semua siswa dan semua penghuni inilah pesantren disini dan mulai staf dan lainnya...

To develop English speaking proficiency, it should be slowly but steadily, through constant revision and recycling

To be able to speak fluently in a foreign language requires a lot of practice.

Klancar (2006).



Pinter (2006)
5
Kegiatan-kegiatan apa saja yang mendukung pengembangan penguasaan kemahiran berbicara dalam Bahasa Inggris di pesantren?
Eee....ada beberapa eee...hal yang menonjol dalam pengembangan bahasa inggris di peantren ini...pertama yaitu morning conversation walaupun sekarag sudah dirubah waktunya ya...ke malam terus ee...vocabulary drill itu setiap malam juga kita kasih ee...vocab setiap hari 2 dan eee...audiovisual terus eee...lab bahasa dan ee...language broadcasting itu...dan masih banyak yaa...kegiatan-kegiatan yang menyangkut eee...kegiatan apa pengembangan bahasa inggris seperti kursus-kursus yang diadakan seperti kursus tenses, idiom...dan lain sebagainya.

Mixed activities make students’ speaking abilities grow, their pronunciation gets better and their awareness of the language improves.

(Klancar: 2006).
6
Kendala-kendala apa yang Bapak alami dalam proses pengembangan penguasaan kemahiran berbicara dalam Bahasa Inggris?
Mungkin kendala yang didapat disini ee..yaitu..eee...kendala disiplin ee...dahulu dan sekarang mungkin ada perubahan dala penerapan sangsi... kalau dulu..eee...apaliagi waktu zaman saya... apa..memegang bahasa itu dulu...memang karena waktu itu masih mengacu ke gontor jadi kita memakai sangsinya ada yang tegas dalam tanda kutip ya...sedikit kekerasan disana ya gitu...walaupun ngga begitu keras dan sekarang yang ada itu adalah sangsi bagaimana menghilangkan kekerasan itu...proses ke sana memng susah sekali karena mebuat anak jera itu sangat sulit sekali, kalau dulu mungkin dengan masih adanya ...eee...pukulan...anak sekali masuk ke mahkamah bahasa aja sudah ngeri gitu tapi kalau sekarang kayanya cendrung meremehkan gitu...mungkin karena kurang ....belum ada bentuk baru untuk membuat anak jera gitu...

Discipline is the paramount important thing in developing stundents’ speaking proficiency



7
Bagaimana cara Bapak atau pesantren dalam mengatasi kendala-kendala tersebut?
Eee...mungkin sekarang kami .....eee...memberikan sangsi yang lebih positif lagi ke anak yang menyuruh mereka memberi...apa..menghapal..muprodat-muprodat yang berbahasa inggris yang berkaitan dengan pelajaran2 yang sering dipelajari misalkan satu contoh eee...pelajaran tafsir...e...dalam minggu ini apa yang sedang dipelajari tafsir yang mana a itu vocabularinya di...dicari yang susah2 dan diikin dalam e....beberapa kalimat itu mungkin salah satu alternatif untuk anak sekaligus sangsi sebagai sangsi yang mendidik gitu  

Punishment encourages students to develop more English -speaking proficiency

Everything can be done to facilitate students develop their speaking ability

Skinner, and Stimulus-Response (S-R) (1957)
Brown (2001)
8
Faktor-faktor apa saja yang mendukung kemajuan dalam pengembangan komunikasi bahasa inggris di pesantren?
ee....faktor2 yang paling fundamental adalah adanya beberapa mata pelajaran yang di..e....diberikan dengan bahasa ingris yaitu tafsir hadist dan tarikh islam yang pengantarnya bahasa inggris dan metode pengajarannya yaitu dengan si anak harus me-retell kembali eee...pelajaran yang sudah...diterangkan oleh guru dan disitulah akan terlatih anak dalam ee...penyampaian dalam bahasa inggris cara praktis komunikatif

Students must have ample opportunities to hear and see the English language being used for communication purposes in their social environment

Musthafa (2003)
9
Bagaimana proses belajar mengajar Bahasa Inggris di dalam kelas? Apakah bapak selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar?
Eee...proses belajar mengajar bahasa inggris di dalam kelas kita memakai direct method ya...direct method yaitu dengan ee....disampaikan dengan bahasa inggris dengan...oleh2 gurunya di kelas itu wajib untuk berbicara bahasa inggris e.e.....untuk pelajaran2 yang berbahasa inggris  
Teacher’s English speaking facilitates students to develop their speaking ability

10
Berapa jam pelajaran bahasa Inggris di berikan dalam seminggu di kelas? Dan apa pengaruh jumlah jam pelajaran terhadap kemahiran siswa dalam brbicara?
Eee...untuk bahasa inggris ee...secara umum ee...karena mungkin kalau dari mata pelajarannya aja udah...ada tafsir hadist tarekh islam grammar terus bahasa inggris sendiri ya..ada lima ya...itu rata2 2 jam 1 minggu berarti mungkin antara 10...10 lah 10 jam
Eee...saya rasa sangat berpengaruh sekali karena dengan otomatis anak akan terus berkecimpung di dunia eeee...bahasa inggris gitu malahan cendrung ..eeee...santri disini itu ...hampir ....mungkin kalo diukur untuk dipresentasikan antara bahasa arab dan bahasa inggris cendrung fifty2 bahkan bahasa inggris cendrung yang lebih dominan gitu...karena lebih2 dominannya mata pelajaran yang dipengantari dengan bahasa inggris .   

The large amount of English period helps student to develop their English proficiency

11
Adakah pelajaran selain pelajaran bahasa Inggris yang mendukung peningkatan bahasa Inggris khususnya kemahiran berbicara? Kalau ada mohon dijelaskan.
Kalau untuk pelajaran di luar bahasa inggris ee....ya mungkin pelajarn hadits, tafsir dan tarekh islam dengan menggunakan bahasa inngris sebagai bahasa pengantarnya...itu ..yang mendukungnya itu...
Mulai kelas berapa itu????
Itu dari kelas 2 mts...sampai kelas 6 atau 3 MA




12
Menurut pendapat bapak apakah ”morning conversation” sangat berpengaruh dan bermanfaat dalam mengembangkan kemahiran berbahasa khususnya kemahiran berbicara dalam bahasa Inggris?
Eee...menurut saya morning conversation itu sangat berpengaruh sekali karena disitu anak dituntut untuk berbicara praktis mengeluarkan semua imaginasinya dalam bentuk bahasa inggris gitu dan ee... anak juga eee....secara tidak langsung dipaksa untuk2 berbicara ...ya...dengan bahasa yang formal gitu....dengan bahasa yang formal dengan cara eee...face to face dan sekarang mungkin ada metode dengan cara satu anak mengajukan satu pertanyaaan dan digilir dari satu kelompok itu jadi masing2 anak itu nantinya punya 1 apa...memiliki 10 jawaban gitu...kalo ada 10 besrti dia memiliki 9 jawaban masing2 anak itu dengan 1 pertanyaan itu.



13
Bagaimana latihan berpidato bahasa inggris (Public Speaking Club)membantu siswa dalam pengembangan kemahiran berbicara?
Eee.....proses speaking public e...disini mempengaruhi juga dalam bahasa karena disitu..eee..si murid dituntut untuk membuat 1 apa istilahnya...1 teks berbahasa inggris yang formal dan berbobot dan itu dihapalkan lalu dengan sendirinya dia harus mempresentasikannya di depan audience dan itu juga melatih mental mereka untuk nanti berbicara menyampaikan ajaran islam kalau misalkan ada tuntutan ke luar negeri...ke sana



14
Sejauh mana pengaruh pemberian kosa kata yang diberikan setiap pagi membantu siswa dalam pengembangan kemahiran berbicara?
Pemberian kosa kata saya rasa sangat berpengaruh sekali karena ee....dengan adanya pemberian kosa kata berarti siswa terus mendapakan banyak hapalan2 dan kosa kata mereka karena selain kita berika juga kita wajibkan untuk menghapal dan kita ada cek nya nanti di minggu terakhir hari sabtu biasanya kita cek apakah anak itu menghapal  kosa kata yang ada atau tidak dan lebih dari itu kosa kata itu di berikan selain yang secara prktis dikelas ada juga yang di papan2 tulis yaitu seperti idiom juga dikasih prosa dan lain sebagainya dan itu juga wajib ditulis oleh semua anggota dan wajib dihapal



15
Sejauh mana pengaruh pengajaran tafsir dan hadits yang diberikan dengan menggunakan bahasa inggris membantu siswa dalam pengembangan kemahiran berbicara?
Eee..saya rasa seperti yang saya katakan tadi dengan adanya hadits tafsir dan tarekh islam yang berbasis bahasa inggris eee...si anak akan selalu berkomunikasi dan selalu berbicara dengan bahasa inggris terutama di kelas dalam pelajaran itu ya... dan dengan tidak langsung si anak akan lebih dituntut untuk menghapal more kosa kata yang berbahasa inggris dan juga eeee...akan mempraktekkannya langsung gitu secara lisan di depan teman2nya dan itu saya rasa sangat mempengaruhi sekali gitu karena dengan begitu anak terbiasa akan selalu berbicara bahasa inggris



16`
Bagaimana menurut bapak peran mahkamah bahasa dalam pengembangan kemahiran berbicara?
Peran mahkamah bahasa adalah mungkin final dari pengembangan bahasa di sini karena dengan adanya mahkamah bahasa kontrol terhadap anak untuk berbicara bahasa inggris itu sangat dominan sekali setidaknya dengan adanya MB anak akan eee...membuat anak takut untuk berbicara bhs indonesia gitu karena di sini ya...untuk dalam pendidikan mungkin awalnya kita paksa ya...setelah kita paksa nantinya akan terbiasa dengan2 kebiasaan mereka dan dengan MB ini setidaknya eeee...meminimalisir anak untuk berbicara bhs indonesia dan mereka dituntut dlm seminggu ini untuk berbicara bhs inggris e....dimanapun dan kapanpun...mereka berada dan kepada siapapun mereka berbicara gitu    



17
Bagaimana menurut bapak peran disiplin bahasa dalam pengembangan kemahiran berbicara?
Saya rasa disiplin itu sangat signifikan sekali karena tanpa disiplin namanya anak itu tidak akan bisa konsisten dalam mengerjakan apa yang diwajibkan oleh pondok gitu...dan disiplin ini juga sebagai follow up dari semua program pengembangan bahasa gitu. Tanpa disiplin bahasa tidak akan jalan gitu



18
Faktor-faktor apa saja yang mendukung kemajuan dalam pengembangan kemahiran berbicara dalam bahasa inggris di pesantren?
Mungkin salah satunya adalah lingkungan ya....karena dengan lingkungan disini yang setiap hari memakai bahasa inggris...otomatis mereka akan terbiasa untuk berbicara bahasa inggris dan dengan adanya pamplet2 dan tulisan2 yang ada di setiap tempat yg memakai bhs inggris anak jg akan dengan sendirinya akan hapal dan teringat terus kosa kata yang mereka pahami gitu 



19
Bagaimana proses belajar mengajar Bahasa Inggris di dalam kelas anda? Apakah guru/ustadz bahasa Inggris selalu menggunakan bahasa inggris dalam mengajar?
ee....dalam proses pengajaran bhs inggris kita dewan guru di pesantren UQI akan selalu berbicara dengan bhs inggris ya....untuk pelajaran bhs inggris khususnya dan kita selalu berbicara dan menyampaikan pelajaran itu dengan bhs ingris karena apa pelajarannya sendiri tertulis dengan teks dalam bahasa inggris gitu otomatis kita menerangkan pelajarannya dengan bahasa inggris juga gitu ....



20
Apakah bapak selalu menggunakan bahasa inggris ketika berbicara dengan siswa?
tentu saja walaupun terkadang ....eeeee...kita lihat anaknya gitu mungkin untuk ukuran anak kelas 1 mungkin ee...kalau misalkan kurang penting...ee......sangat penting sekali disampaikan untuk berbicara dengan bahasa indonesia gitu tapi secara umum saya selalu mengunakan bahasa inggris
Peraturan-peraturan apa yang diterapkan di dalam pesantren guna mengembangkan kemahiran berbahasa khususnya kemahiran bericara?
Eee...peraturannya secara umum...eee....siswa diwajibkan untuk berbicara bhs inggris dalam kurun waktu seminggu ada minggu arab dan inggris, dalam waktu seminggu semua komunikasi wajib disampaikan dengan bahasa inggris dan dilarang memakai bhs indonesia apalagi dengan bahasa daerah itu sudah pelanggaran berat dan siapapun yang berbicara bahasa indonesia ataupun bhs daerah ....ya...dikenakan sangsi dan anak juga diwajibkan membawa vocab yaitu buku saku kecil untuk menulis kosa kata yang diberikan oleh bagian bahasa yang ditempelkan di...ee....setiap sudut ruangan...di pesantren ....
Sangsi2 apa yang diberikan kepada siswa?????
Eee.....pertama kali kita eee...untuk pelanggaran pertama kita memakai tradisi ee....nasehat gitu ya.....dan untuk kedua ketiga dan selanjutnya gitu kita ada frekwensinya....tergantung tingkat pelanggarannya, ada kategori ringan, ada kategori berat klo untuk anak yang sesekali dengan keceplosan mengeluarkan bahasa kata yang berbahasa indonesia itu mungkin dikategorikan sebagai pelanggarn ringan tapi untuk yang ngobrol bericara banyak dgn hs indonesia atau bahkan denganbhs daerah itu udah masuk pelanggaran berat dan sangsinya jg dibedakan antara pelanggaran ringan dan pelanggaran berat 18.40



21
Apakah Bapak puas dengan keterampilan atau kemahiran berbicara para santri dalam bahasa inggris?
Eeee... saya rasa saya belum puas dengan ee....apa yang telah dilakukan karena kalo kita merasa puas tidak akan eeeee...terus melakukan perbaikan gitu...saya tidak puas dan saya berjanji dan berhasrat ingin terus mengembangkan bahasa inggris sampai eee...bener2 menjadi yang terbaik lahh....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat