Senin, 08 Agustus 2016

HASIL WAWANCARA SISWA / SANTRI

HASIL WAWANCARA SISWA/SANTRI
(Section II)

The students’ feeling about their experience in learning English Speaking Proficiency in the Islamic Boarding School System at Ummul Quro’ Banyuasih Leuwimekar Leuwiliang Bogor West Java
Sabtu, 19 April 2008

1.      Apa yang anda rasakan tentang kegiatan pengembangan speaking skill di pesantren ini?

RS#1: Yang saya rasakan pribadi tentang pengembangan speaking skill ini amat banyak sekali terutama dalam bisa berbicara bahasa inggris ini yang saya amat rasakan, dari pengembangan tersebut bagaimana kita cara pengucapan bahasa inggris jadi tahu jadi ancar gitu dan itu sangat membantu sekali dalam pengembangan speaking skill tersebut.

RS#2: Yang saya rasakan sih manfaatnya banyak karena kegiatan2 itulah yg membantu, jadi sangat bermanfaat. Soalnya dari kegiatan2 itu si anak dikasih tahu bagaimana berbicara yg baik bagaimana untuk mengungkapkan kalimat yg benar  

RS#3: Yg saya rasakan...enjoy2 aja gitu, dalam pengembangan speking skill karena kan pengembangan speaking skill itu sangat penting sekali buta berbicara kita itu ke teman2 atau ke orang2 luar gitu

RS#4: Perkembangannya mungkin alhamdulillah dari tahun ke tahun meningkat tapi ya dengan segala kekurangannya. Jadi alhamdulillah sangat membantu sekali.

RS#5: Mungkin apa ya...kembali kepada diri kita ya....untuk siswa siswi yg ingin bener2 mempelajari bahasa di sini baik bahasa arab atau bahasa inggris mungkin kegitan yang ada di pesantren ini sangat mendukung, itu bagi orang2 yg benar dan konsent pada pengembangan diri mereka dalam speaking skill bhs inggris tapi mungkin misalnya ada pula orang yg berbeda pemikiran mungkin ia ingin mnegembangkan dirinya dlm hal apa mungkin disini jg dia tidak terlalu konsent dlm pengembangan speaking skill bahasa inggris di pesanten ini. Jadi bagi saya tergantung dati diri kita masing2. kegiatan pengembangan bahasa di pesantren ini sangat mendukung. motivasi saya untuk trus mengembangkan bahasa  

RS#6: Ya..banyak sekali manfaatnya gt buat kita ya apalagi bagi seseorang yg memiliki kesadaran berbahasa tentunya merasakan gt manfaat tentunya banyak gt mulai dari beberapa vocab yg tadinya kt tdk tahu, sampai kita bisa istilahnya mempraktekkan berbicara speaking itu sendiri gt.


2.      Apakah anda merasa terpaksa dalam mengikuti kegiatan kebahasaan di peantren ini? Mohon dijelaskan.

RS#1: Dulu sempat merasa terpaksa apalagi ada paksaan dari bagian bahasa tersebut dari guru2 itu tetapi setelah kita itu mikir bahwa sanya itu amat penting sekali buat kita akhirnya kita mau sendiri gitu akhirnya kemauan itu timbul dari diri kita sendiri engga dari paksaan lagi jadi kita mau sendiri gitu.
RS#2: Dulu ketika jadi anggota ada rasa keterpaksaan untuk mengikuti kegiatan program kaya kursus2 karena kita memang sekarang kita waktu main bola lah....kita di suruh kursus ada keterpaksaan lah tp ketika sudah berjalan beberapa tahun kesini2 udah mulai ngerti istilahnya mulai sadar dan brfikir o iya ya..memang perlu jg ya...jadi keterpaksaan itu ketika kita belum mengerti belum sadar tapi kalo udah sadar oooiya ya pentin kursus bahasa itu...ya seprti itu.... akhirnya ya ingin mengulagi lg tp kursusnya yg lebih bonafit lg.

RS#3: Dulu waktu kelas satu kelas dua merasa terpaksa banget gitu, bahkan dulu sering dipanggil bagian bahasa sering melanggar, alhamdulillah karena kata teman2 sering aja buka kamus apalin 3 kosakata tiap hari udah dihapalin hapalin alhamdulillah kelas 4 diangkat bagian bahasa sampai keas lima gt.     

RS#4: Oh.sangat tidak karena memang maksudnya datang kesini ingin berbahasa mungkin satu aja kali ya....karena takut disiplin ya...setalah itu sadar bahwa itu tu penting ......ya it tadi karena tujuan utamanya tadinya ingin bisa berbahasa.

RS#5: Sangat tidak, mungkin dari nol ya dari kelas satu, kls dua karena blm bisa mengartikan apa sih manfaat bahasa untuk diri kita ada..ada keterpaksaan mungkin terpaksa karena disiplin. Seiring berjalannya waktu kita tahu apa manfaat dari pengembangan bahasa kegiatan bahasa disini insya Allah dgn sangat ikhlas ee.e.....kami semua melakukannya.  

RS#6: Mungkin pertama iya sih.....terpaksa tapi...seiring berjalannya waktu kita sadar sadar dan manfaatnya itu kita tahu...jd pertma kita terpaksa lama kelamaan ada faktor kesadaran juga. 

3.      Apakah anda merasa terbantu dengan kegiatan kebahasaan di pesantren ini khususnya dalam pengembangan speaking skill? Mohon dijelaskan.

RS#1: o…sangat terbantu sekali pertamakan kita jg sambil mencari vocab sambil belajar dibantu lagi sama pengembangan speaking skill khususnya dari bagian bahasa tersebut. O itu sangat membantu sekali 

RS#2: kegiatan kebahasaan ini sangat membantu saya sekali khususnya dalam melancarka speaking saya, karena saya bisa dengan mudah mempraktikkan bahasa saya dengan teman-teman.....

RS#3: Terbantu sekali klo seandainya speaking without practice is nothing jadi klo seandainya kita Cuma belajar bahasa inggris doang tapi tidak ada tema bicara interlocutor gitu kayanya percuma banget gitu.  

RS#4: Ya alahamdulillah saya sangat merasa terbantu, terbantunya ya…dengan banyaknya diberi vocab conversation gitu terus selalu isa praktek setiap hari gt. Sehingga kita terbiasa walaupun sedikit2 munkin kadang2 kita tulisannya tidak tahu gt 

RS#5: Ya…sangat2 terbantu seperti yg saya bicarakan td dlm pertanyaan pertama dan kedua  

RS#6: Ya terbantu sekali ….dari conversation itu mungkin kita bisa mempraktekkan speaking itu sendiri

4.      Kegiatan-kegiatan apa saja yang ada di pesantren ini yang menurut anda sangat membantu anda dalam pengembangan speaking skill?

RS#1: Eee... yang paling membantu itu lab bahasa, itu sangat membantu sekali itu, terus dalam pengembangan antara teman ke teman sambil mengucapkan bahasa inggris dulu pernah antara teman sama teman jadi dikhususkan teman ini bagus dalam bahasa nah kita diharuskan untuk berbicara saa dia gt. Yng paling membantu adalah yg pertama itu lab bahasa kedua onversation di pagi hari yg kegita kita biasanya langsung berbicara dgn bagian bahasa atau praktek.

RS#2: Diantara semua kegiatan yg sangat membantu itu pemberian kosa kata dan conversation ...karena asal dari muhadasah itu kita dikasih tahu praktek bahasa yg baik dan ketika mufrodat kita diberikan kata-kata yg akan kita ucapkan dan kita jg dikasih tahu ooo caranya begini nih…cara buat kalimatnya seperti ini…pastikan nanti kita akan praktek ooo kemarin dikasih kosa kata ini

RS#3: Kaya muhadasah, terus lab bahasa, sangat membantu sekali. Yang senadinya tadinya kita tidak bisa cara mengatakan ini, gimana sih cara kata ini? Bhs yg benar gitu pronunciationnya. Ketka jadi pengurus bhs saya sering masuk lab. 

RS#4: Pemberian kosakata, conversation, terus acara2 kaya drama contest itu biasanya trus muhadloroh tiga bahasa 

RS#5: Conversation speaking face by face maksudnya…eee….apa tuh langsung berbicara praktek jg lab bahasa tp mungkin blm terlalu maksimal karena ungkin fasilitasnya sedikit. Jadi muhadasah, dan lab bahasa.   

RS#6: Itu dari conversationnya sendiri satu, trus program lab bahasa sama dan pembarian kosa kata atau vocab drills 

5.      Menurut anda bagaimana seseorang itu disebut mahir berbahasa khususnya speaking skill?

RS#1: Klo menurut saya orang yg dsebut pintar dalam bericara bahasa inggris itu adalah orang yg ketika ditanya dia bisa menjawab pertanyaan itu dgn lancar
RS#2: kalo menurut saya sih, ketika seseorang bisa berbicara bahasa inggris dgn lancar tanpa tersendat-sendat gitu.....  

RS#3: Seorang yg disebut mahir bahasa inggris, ketika dia bertemu dgn seorang turis, yg pernah saya lakukan itu kita berbicara itu tidak eee......kaya gt jadi kalo kita berbicara sama teman biasa, tp klo udah langusng dgn orangnya apakah kita serig menggunakan eee..eee...gt kan klo eeee...eee...itu kurang, jd harus reflek gt.

RS#4: Mungkin pronunciationnya yg saya suka itu trus perluasan bahasanya vocab2nya gt ya klo bicara lancar gt

RS#5: Ketika dia bisa ee….memberikan explanation kepada teman2nya yg membutuhkan saya kira itu termasuk orang yg mahir dlm berbahasa.

RS#6: kalo seseorang itu bisa bercakap-cakap dengan lancar dan percaya diri gitu.....

6.      Secara umum, apakah anda sudah mendapatkan apa yang anda inginkan dalam hal kemahiran berbahasa khususnya speaking skill? Mohon dijelaskan.

RS#1: Belum terlalu banyak sih, masih agak kurang karena waktu jg sih dulu dikarnakan kita terpaksa jadi belum ada motivasi dari diri sendiri jd kita belum terlalu menyadari akan pentingnya bahasa jadi kurang menangkap dari bahasa tersebut. Klo sekarang ketika kita udah menyadari, waktu telah habis.agak terlambat istilahnya.

RS#2: Menurut saya sih ada yg kurang belum gt saya sendiri mungkin saya mampu untuk berbicara inggris dgn teman dan guru tapi untuk berbicara dgn native speaker itu belum pernah gt makanya saya blm coba gt, klo seandainya saya bisa gomong dgn orang asing berarti saya udah mampu. 

RS#3: Udah sih udah tapi blm jg dikatakan mahir gt. Udah tapi masih belum puas, ingin lebih meningkatkan gt gmn sih supaya berbicara itu lebih lancar lg dari sekrang ini.

RS#4: Belum......belum merasa puas karena saya belum terlalu mahir dalam berbahasa

RS#5: Belum, mngkin karena merasa blm puas dgn skill bahasa dlm diri saya ya karena memang ilmu saya belum tercakup 100 % gt. Jd masih setengah....

RS#6: Belum.....dalam arti belum puas pingin nambah agi nambah lagi dan saya rasa blm cukup gitu aja...dan saya masih mau lagi gt mungkin karena faktor waktu ya 1-3 tahun kita merasa terpaksa

7.      Apa harapan anda mengenai pengembangan bahasa inggris di pesantren ini khususnya speaking skill?

RS#1: Harapannya agar bisa lebih baik lagi dala pembinaannya kemaren2 agak kurang jg dr pembinaannya kadang dr gurunya yg saya lebih harapkan lg itu ada native speakernya.

RS#2: Harapannya sih banyak agar pondok ini lebih menerapkan disiplin bahasa lebih dipertegas lg kepada santrinya trus dlm pengucapan2 harap dikorksi lagi ternyata banyak yg kurang cocok gt saya harapkan terjadi pembenaran2 dan jg kursus itu lebih diaktipkan lg untuk listening anak2 sendiri lb bhs itu perlu diaktifkan lg.

RS#3: Harapan saya, gimana anak2 itu bs berbicara bhs inggris sebagaimana kita berbicara bahasa indonesia. Seperti bahasa ibu kita sendiri yg kita ucapkan gt.

RS#4: Harapannya lebih maju dan meningkat dlm segala halnya dan jg dari facilitasya mohon di lengkapi aja..contohnya lab bahasa agar diperbanyak....

RS#5: Semoga saja di pesantren ini dalam berbahasa inggris khususnya tidak hanya berkata karena vocab kosa kata disambung2 seperti saya sudah bilang dulu semoga saja karena ilmu mereka dlm grammar dan pronunciation dan kosa kata2 yg baru. 


RS#6: Harapannya mungkin bisa lebih baik aja gitu mungkin lebih baik aja gt kan nanti manfaat nya banyak gt. Dalam hal fasilitasnya lebih dilengkapi lg.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat