KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS MA
KELAS X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
|
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemaparan jati
diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji
bersayap (extended), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perhatian (care), serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan
selamat bersayap (extended), serta
responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
sederhana tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.9
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian,
dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif
sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.11
Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu sederhana.
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menangkap
makna pemaparan jati diri lisan dan tulis.
4.2
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan
jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.5
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang
merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.8
Menangkap
makna dalam teks deskriptif, lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
4.9
Menyunting
teks deskriptif tulis, sederhana,
tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.10
Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis,
sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.11
Menangkap
makna pemberitahuan (announcement).
4.12
Menyusun
teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.13
Menangkap
makna teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan,
kejadian, dan peristiwa.
4.14
Menyusun
teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.15
Menangkap
makna teks naratif lisan dan tulis
berbentuk cerita pendek sederhana.
4.16
Menangkap
makna lagu sederhana.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar