Jumat, 18 November 2016

Format Evaluasi Diri Guru

Nama Sekolah:
Nomor Statistik Sekolah:
Alamat:
 Kecamatan:
Kabupaten/Kota:
Nama Guru:
Tahun Ajaran:
Tanggal:
A.    Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
Evaluasi diri tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait dengan pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut
I. Perencanaan Pembelajaran
1.      Kemampuan memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik





2.      Kemampuan menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhi





3.      Kemampuna merencanakan kegiatan pembelajaran yang  efektif





4.      Pemiilihan  sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran





II. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Yang Aktif Dan Efektif
Kagiatan Pendahuluan

1.      Ketrampilan memulai pembelajaran dengan efektif

                                                                                                   


Kegiatan Inti

1.      Penguasaan materi pelajaran

 


2.      Kemampuan menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif





3.      Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

 


4.      Kemmpuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran

 


5.      Kemampuan  bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

 


Kegiatan Penutup

1.      Ketrampilan  mengakhiri pembelajaran dengan efektif

 

                                                     

III. Penilaian Pembelajaran
1.      Perancangan  alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik




2.      Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP

3.      Pemanfaatan  berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya





B.    Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti tersebut

1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi (tugas utama grur) tersebut.

 


2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut.

 


3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut

4.     Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru)  tersebut.





C.    Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah

1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah





2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah





3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan publikasi ilmiah






4.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah


D.    Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif

1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif





2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif






3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan karya inovatif






4.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif






E.    Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)

1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.





2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.





3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas

4.     Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas

F.    Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)

1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan  mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut





2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut





3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut






4.     Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut





Tanda tangan Guru:




(……………………………………….)
Tanda tangan Kepala Sekolah:




(……………………………………….)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat