RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
MA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/Dua
Materi Pokok : Teks naratif lisan berbentuk legenda sederhana
Alokasi Waktu : 2
pertemuan (4 JP)
A. Kompetensi Inti :
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
KI.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1
Mengungkapkan rasa syukur setiap
saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
|
2.1.1
Menunjukkan sikap sopan, dalam
bertutur kata baik terhadap guru maupun teman.
2.1.2
Menyapa guru dan teman dengan santun
2.2.1
Menunjukkan sikap percaya diri
saat melakukan percakapan bahasa Inggris didepan kelas.
2.3.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab
dalam mengerjakan tugas bahasa Inggris.
|
3.
|
3.10
Menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda
rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.2.1
Mengidentifikasi fungsi sosial, pada teks naratif sederhana
berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.2
Mengidentifikasi/menemukan
struktur teks pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2.3
Mengidentifikasi unsur
kebahasaan (struktur kalimat, kosakata, adverb of time) pada teks naratif sederhana berbentuk legenda
rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.
|
4.15 Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis sederhanaberbentuk
legenda.
|
4.2.1
Menceritakan gambaran umum teks lisan
berbentuk narrative.
4.2.2
Mengidentifikasi tokoh-tokoh
yang ada di dalam teks narrative.
4.2.3
Menyebutkan karakter tokoh/ watak, dan setting dalam teks
narrative.
4.2.4
Menemukan informasi
rinci tersurat /nilai moral dalam teks lisan berbentuk narrative.
|
C. Materi
Teks naratif lisan, berbentuk legenda sederhana
· Fungsi sosial
Memperoleh hiburan, menghibur dan
mengajarkan nilai-nilai luhur, meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air,
menghargai budaya lain, dsb.
·
Struktur text(gagasan utama dan informasi rinci)
a. Pendahuluan
(orientasi) dengan memperkenalkan tokoh, tempat, waktu, terjadinya cerita.
b. Krisis yang terjadi
terhadap tokoh utama (komplikasi)
c. Akhir cerita di mana
krisis berakhir (resolusi) dengan bahagia atau sedih
d. Ulasan atau komentar umum
(reorientasi), opsional.
·
Unsur kebahasaan
(1) Tata bahasa: Simple Past
tense, Past Perfect Tense
(2) Kosa kata: terkait karakter, watak, dan setting dalam legenda
(3) Adverbia penghubung waktu:
first, then, after that, before,
at once, suddenly, finally, dsb.
(4) Adverbia dan frasa preposisional penunjuk waktu: a long time ago, one day, during the
war, immediately after the dry season,
dsb.
(5) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau
tanpa a, the, this, those, my, their,
dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6) Ucapan, tekanan kata,
intonasi
·
Topik
Cerita legenda yang memberikan keteladanan tentang
perilaku santun, peduli, jujur, disiplin, percaya diri, kerjasama, cinta damai,
dan bertanggung jawab.
D.
Metode Pembelajaran
1.
Scientific Approach
E.
Media, Alat, dan Sumber
Pembelajaran
1) Media
§ Text
2) Alat
§
Printed text
3) Sumber belajar
§ Buku teks When English Rings a Bell
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1) Pertemuan 1
a. Pendahuluan
(10 menit )
1)
Guru memberi salam.
2)
Guru mengajak peserta didik untuk
mengawali kegiatan dengan berdoa.
3)
Guru memeriksa kehadiran peserta
didik.
4)
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran
dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
5)
Guru menjelaskan tentang
tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai.
6)
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (70 menit
Mengamati (15 menit)
·
Mengamati teks naratif berbentuk
legenda, pendek dan sederhana dari berbagai sumber, dengan menggunakan ejaan
dan tanda baca dengan benar.
·
Mendengarkan teks naratif lisan
berbentuk legenda tersebut untuk
memahami isi pesannya.
·
Dengan bimbingan guru, mengidentifikasi fungsi sosialnya, struktur teks
(termasuk a.l. gagasan utama dan informasi rinci) dan unsur kebahasaan dari teks naratif berbentuk legenda tersebut.
Menanya (15 menit)
Dengan bimbingan dan arahan guru,
menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari setiap legenda tersebut.
Mengumpulkan Informasi (40 menit)
·
Mendengarkan cerita naratif
berbentuk legenda pendek dan sederhana dari berbagai sumber, termasuk buku teks, untuk mengetahui fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan.
·
Mengidentifikasi cerita naratif, secara lebih cermat dengan menyebutkan:
-
fungsi sosial setiap teks
-
tokoh, tempat, waktu,
terjadinya cerita
-
krisis yang terjadi terhadap tokoh
-
akhir cerita di mana krisis berakhir
-
komentar atau penilaian umum tentang legenda (opsional, jika ada)
-
kosa kata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan yang digunakan
c. Penutup (10 menit)
1)
Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan
belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
2) Pertemuan 2
a. Pendahuluan
(10 menit )
1) Guru memberi salam.
2) Guru mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan
berdoa.
3) Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
4) Guru menyiapkan
peserta didik secara
psikis dan fisik
untuk mengikuti proses
pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan
penampilan mereka.
5) Guru menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
6) Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai RPP.
b. Kegiatan inti (70 menit)
Mengasosiasi (30 menit)
·
Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
beberapa legenda yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang hasil analisis mereka tentang fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang digunakan dalam legenda yang mereka
baca.
Mengomunikasikan (40 menit)
·
Menyampaikan beberapa legenda pendek dan sederhana yang telah dibacanya
kepada teman-temannya, dengan cara bertanya jawab, membahas pandangan
masing-masing tentang isi legenda, dsb.
·
Menceritakan secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan sesuai dengan ejaan dan tanda baca yang benar.
·
Membicarakan permasalahan yang dialami dalam memahami legenda dan
menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
c. Penutup (10 menit)
1)
Guru dan peserta didik secara
bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)
Guru mengajukan pertanyaan kepada
peserta didik untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan
belajar yang telah mereka lakukan.
3)
Guru menjelaskan rencana kegiatan
pembelajaran yang akan datang.
G.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual dan Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Lembar pengamatan
No.
|
Indikator
|
Sikap/Nilai
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Menunjukkan semangat dalam
mempelajari bahasa Ingris
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
Mempersiapkan buku pelajaran dan perlengkapan belajar
lainnya dengan baik.
|
|
|
||
2.
|
Menunjukkan kepercayaan diri dalam mempelajari bahasa
Inggris
|
Berani bertanya jika ada materi yang tidak dipahami.
|
|
|
Berani tampil di depan kelas untuk mempraktikkan materi
yang dipelajari.
|
|
|
||
3.
|
Berbicara santun dan bersikap sopan terhadap guru dan
teman
|
Berbicara sopan dengan guru dan teman sekelas.
|
|
|
Meminta ijin jika akan meninggalkan kelas saat KBM
berlangsung.
|
|
|
||
4
|
Peduli terhadap guru dan teman
|
Membantu guru menghapus tulisan di papan tulis atau
membantu keperluan lainnya jika dibutuhkan.
|
|
|
Saat kegiatan kelompok siswa membantu menjelaskan kepada
teman sekelas tentang materi yang belum dipahami.
|
|
|
c.
Pedoman Penskoran:
Keterangan :
SB (Sangat Baik) = 4
B (Baik) =
3
C (Cukup) =
2
K (Kurang) =
1
2.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : spoken test
b.
Bentuk Instrumen : essay
c.
Kisi-kisi :
3.2
|
3.2.1
Mengidentifikasi fungsi sosial, pada teks naratif sederhana
berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.2
Mengidentifikasi struktur teks
pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.2.3
Mengidentifikasi unsur
kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
|
d.
Pedoman penskoran: Setiap jawaban
benar diberi skor 1 (satu)
3.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : spoken test
b. Bentuk Instrumen : monolog narrative (story retell)
c. Kisi-kisi:
4.
|
4.2.1
Mengidentifikasi setting tempat dan waktu di dalam teks
narrative.
4.2.2
Mengidentifikasi karakter,
watak, dan masalah dalam
teks narrative.
4.2.3
Mengidentifikasi
informasi rinci tersurat dan tersirat dalam teks lisan berbentuk
narrative.
4.2.4
Menceritakan gambaran ringkas teks lisan berbentuk narrative.
|
e.
Instrumen: lihat Lampiran 3
f.
Rubrik untuk penilaian speaking (terlampir)
g.
Pedoman Penskoran:
Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
|
Nilai
Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
|
A
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
3.66
|
3.66
|
|
B+
|
3.33
|
3.33
|
B
|
B
|
3
|
3
|
|
B-
|
2.66
|
2.66
|
|
C+
|
2.33
|
2.33
|
C
|
C
|
2
|
2
|
|
C-
|
1.66
|
1.66
|
|
D+
|
1.33
|
1.33
|
K
|
D-
|
1
|
1
|
...........,
.............................. 2017 Mengetahui
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
________________________ _________________________
NIP. ... NIP.
...
Lampiran 3
Rubrik Penilaian Speaking
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Grammar dan Vocabulary
·
Menggunakan tata
bahasa dan kosakata yang tepat
·
Menggunakan tata
bahasa dan kosakata yang kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Menggunakan tata
bahasa dan kosakata yang kurang tepat dan mempengaruhi makna
·
Tata bahasa dan
kosakata yang sulit dan tidak dapat dimengerti
|
1
2
3
4
|
2
|
Manajemen Wacana
·
Melakukan dan
merespon tindak tutur dengan tepat (logis) dalam bahasa lisan
·
Melakukan dan
merespon tindak tutur meskipun sesekali salah paham
·
Sering salah
memahami dan merespon tindak tutur sederhana
·
Tidak mampu
memahami dan merespon tindak tutur sederhana
|
1
2
3
4
|
3
|
Ucapan dan
Intonasi
·
Ucapan dan
intonasi sangat jelas mendekati penutur asl
·
Ucapan dan
intonasi jelas meskipun terdapat aksen bahasa pertama
·
Ucapan dan
intonasi kurang jelas dan mempengaruhi
makna
·
Ucapan dan
intonasi tidak jelas dan menghilangkan sejumlah makna
|
1
2
3
4
|
4
|
Komunikasi
Interaktif
·
Percaya diri dan
lancar dalam berbicara dan mampu mengoreksi diri ika membuat kesalahan
·
Percaya diri
meskipun terkadang melakukaan pengulangan dan menuunjukkan keraguan
·
Lebih banyak
merespon daripada berinisiatif
·
Sulit diajak
berbicara meskipun sudah dipancing
|
1
2
3
4
|
5
|
Berterima
·
Isi mudah
dipahami dan sesuai konteks.
·
Isi mudah
dipahami dan sesuai konteks, akan tetapi tidak ada koherensi.
·
Isi mudah
dipahami tetapi tidak sesuai konteks atau sebaliknya.
·
Isi sulit
dipahamidan tidak sesuai konteks.
|
4
3
2
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar