FORMAT
RANCANGAN PENILAIAN
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS/PROGRAM : XI IPA DAN IPA
SEMESTER : 1
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
PENILAIAN UNTUK KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
TATAP MUKA
|
PENUGASAN TERSTRUKTUR
|
KEGIATAN MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
|
|||
1
|
1.Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained)
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan
dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat,
menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
|
·
Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyampaikan pendapat
·
Merespon tindak tutur menyampaikan
pendapat
·
Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyatakan puas
·
Merespon tindak tutur menyatakan
puas
·
Mengidentifikasi makna tindak
tutur menyatakan tidak puas
·
Merespon tindak tutur menyatakan
tidak puas
Mengidentifikasi konteks situasi
|
Praktik menayakan pendapat
Membuat dialog tentang meminta dan memberi pendapat
|
Tugas mencari kata sifat yang sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
2
|
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk reports,
narrative, dan analytical
exposition dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional
pendek resmi dan tak resmi secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Mengidentifikasi topik sebuah teks
fungsional pendek yang didengar
·
Mengidentifikasi informasi
tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
·
Mengidentifikasi tujuan komunikasi
teks fungsional pendek yang didengar.
|
Mencari generic structure dari teks yang diberikan
|
Membuat teks narrative tentang sebuah peristiwa
|
3
|
3.Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan
berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima
dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat,
menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
|
·
Menggunakan tindak tutur
menasehati
·
Merespon tindak tutur menasehati
·
Menggunakan tindak tutur
memperingatkan
·
Merespon tindak tutur memperingatkan
·
Menggunakan tindak tutur
meluluskan permintaan
·
Merespon tindak tutur meluluskan
permintaan
·
Menggunakan tindak tutur
menyatakan perasaan.
Merespon tindak tutur menyatakan perasaan
|
Praktik dialog untuk meminta nasehat
Membuat dialog tentang meminta dan memberi Nasehat
|
|
|
4.Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report,
narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Mengungkap-kan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report,
narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.)
resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Menggunakan kalimat simple present
dalam menyampaikan report
·
Melakukan monolog berbentuk narrative
·
Melakukan monolog berbentuk analytical
exposition
|
|
Membuat
teks berbentuk analytical Exposition
|
|
6.Mengungkapkan
makna dalam teks esei berbentuk report,
narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
6.1 Mengungkap-kan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.)
resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
·
Membaca nyaring bermakna wacana
ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan
intonasi yang benar
·
Mengidentifikasi topik dari teks
yang dibaca
Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek
|
|
Melakukan
monolog tentang teks report
|
II. KKM mata pelajaran adalah : 70
III. Nilai Akhir Semester diperoleh dari :
1.
Kedisiplinan : 20%
2.
Nilai Ulangan Harian/Quizz : 20%
3.
Nilai UTS : 20%
4.
Nilai UAS : 40%
IV. Setiap UH, siswa yang belum mencapai
KKM, wajib mengikuti remedial, dan siswa yang telah mencapai KKM, berhak
mendaapat layanan pengayaan.
V. Rancangan penilaian ini telah
disosialisasikan di hadapan siswa:
1. Kelas XI IPA 1
tanggal 20 Juli 2014 (_________________________)
………………………..
2. Kelas XI IPA 2
tanggal 20 Juli 2014 (_________________________)
………………………..
3. Kelas XI IPS 1
tanggal 20 Juli 2014 (_________________________)
………………………..
4. Kelas XI IPS 2
tanggal 20 Juli 2014 (_________________________)
………………………..
5. Kelas XI IPS 3
tanggal 20 Juli 2014 (__________________________)
………………………..
6. Kelas XI IPS 4
tanggal 20 Juli 2014 (__________________________)
………………………..
Bogor, 20 Juli 2014
Kepala MAN LEUWILIANG Bogor Guru
Mata Pelajaran
Drs. H. Asep Ruhiat, M.M.Pd Hendra,
M.Pd
NIP: 196108141998031002 NIP.
197107092001121002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar