Rabu, 03 Agustus 2016

RPP K13 KLS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah
: MAN 2 Bogor
Mata pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: X/II
Alokasi Waktu
: 2 x 45 Menit
Pokok Bahasan
: Recount Text

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1:  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4:  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
1.1         Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.  Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.9   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman, kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13  Menangkap makna teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan, kejadian, dan peristiwa.
4.14  Menyusun teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1  Membiasakan semangat belajar
2.1.1. Membiasakan berprilaku santun dan peduli
3.9.1  Menjelaskan fungsi social teks ‘recount’
3.9.2  Mengidentifikasi struktur teks ‘recount’
3.9.3. Menganalisis  unsur kebahasaan teks ‘recount’
4.13.1 Mendemonstrasikan dialog/interview berkaitan dengan  teks ‘recount’.
4.14.1 Menyusun Teks ‘recount’ sederhana dari pengalaman pribadi atau orang lain.

D.       Materi Pembelajaran
1.      Teks Recount

2.      Video/Lagu Berbahasa Inggris berkaitan dengan Recount:

The day you went away

[VERSE 1]
Well I wonder could it be
When I was dreaming 'bout you baby
You were dreaming of me
Call me crazy, call me blind
To still be suffering is stupid after all of this time

[PRE-CHORUS 1]
Did I lose my love to someone better
And does she love you like I do
I do, you know I really really do

[CHORUS]
Well hey
So much I need to say
Been lonely since the day
The day you went away
So sad but true
For me there's only you
Been crying since the day
The day you went away

VERSE 2]
I remember date and time
September twenty second
Sunday twenty five after nine
In the doorway with your case
No longer shouting at each other
There were tears on our faces

[PRE-CHORUS 2]
And we were letting go of something special
Something we'll never have again
I know, I guess I really really know

[CHORUS]
The day you went away
The day you went away

[PRE-CHORUS 1]
[CHORUS]
[BRIDGE]
Why do we never know what we've got 'til it's gone
How could I carry on
The day you went away
Cause I've been missing you so much I have to say
Been crying since the day
The day you went away

The day you went away
The day you went away



      3. Interview Guide dari Buku Teks Bahasa Inggris Kelas X semester 2 hal 22.
1. What was your experience about?
2. Where did it happen?
3. When did it happen?
4. Who was/were involved?
5. What happened first, second, third, and so forth?
6. What happened then?
7. What happened finally?
8. How did you feel about that?
E.      Kegiatan Pembelajaran


Kegiatan


Diskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu
Pendahuluan
§  menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
§  memberi motivasi belajar
§  mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
§  menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
§  Langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan.

15’
Inti
Mengamati
·         Siswa mengamati/membaca teks recount yang ditayangkan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut.
·         Siswa menyimak dan mengamati lirik lagu yang diperdengarkan.
·         Dengan bimbingan guru, siswa menemukan dan  menirukan pengucapan beberapa kata berkaitan dengan teks/lagu 

Menanya
·         Dengan arahan guru, siswa mendiskusikan fungsi sosial dari teks yang telah dibaca/didengar dengan teman sebangku (partner)
·         Dengan bimbingan guru, siswa berdiskusi dan saling bertanya dengan teman sebangku (partner) tentang teks struktur teks yang telah dibaca/disimak.
·         Siswa berdiskusi dan saling bertanya dengan teman sebangku (partner) isi lagu dan struktur kalimat (tenses) teks/lagu yang telah dibaca/didengar
Mengumpulkan Informasi/Mencoba
·         Siswa saling bertanya dan memaparkan pengalaman masing-masing yang terjadi di waktu lampau
·         Siswa mendiskusikan struktur teks ‘recount’ dan cara mengungkapkan peristiwa yang sudah terjadi (past tense)
Mengasosiasi
·         Siswa menuliskan pengalaman pribadi masing-masing dalam sebuah teks
·         Siswa memperoleh umpan balik (feedback) dari guru dan teman sebangku tentang struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
·         Siswa melakukan tanya jawab (Interview) dengan seorang teman lain tentang pengalaman pribadi dengan ‘interview guide’ yang ditunjukan oleh guru.
·         Masing-masing siswa menuliskan kembali pengalaman temannya yang telah diwawancara dan menyerahkan hasil pekerjaannya kepada guru.

60’
Penutup
·       memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·       melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
·       menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

15’

F. Penilaian

1. Penilaian kompetensi Sikap

NO.
INDIKATOR
BENTUK/TEKNIK
INSTRUMEN
1.
1.1.1 Membiasakan semangat belajar

Observasi
Lembar Observasi Sikap
2
2.1.1.Membiasakan berprilaku santun dan peduli

Observasi
Lembar Observasi Sikap

Instrumen: Lembar Observasi Sikap
NO
Nama Siswa
Semangat Belajar
Santun
Peduli
1




2




3




4




5




Dst.




Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan. Kriterianya  yaitu: 4 = sangat baik; 3 = baik ; 2 = cukup; 1 = kurang
2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan

No.
Indikator
Teknik
Instrumen
Kriteria Penilaian/Skor
1
3.9.1  Menjelaskan fungsi sosial teks ‘recount’

Tes Tulis
Pertanyaan Tertulis (Essay):
Explain the communicative purpose of recount text!

Jawaban benar/lengkap   Jawaban kurang lengkap
Jawaban salah               
Tidak menjawab             
20
10
5
0
2
3.9.2  Mengidentifikasi struktur teks ‘recount’

Tes Tulis
Pertanyaan Tertulis (Essay):
Identify the generic structure of recount text!

Jawaban benar/lengkap   Jawaban kurang lengkap
Jawaban salah               
 Tidak menjawab             
20
10
5
0
3
3.9.3. Menganalisis unsur kebahasaan teks ‘recount’

Tes Tulis
Pertanyaan Tertulis (Essay):
Mention the ‘simple past’ verbs you have found the text and the song!

Jawaban benar/lengkap   Jawaban benar/kurang lengkap
Jawaban salah                
Tidak menjawab             
60
30
10
0
Skor Maksimal
100
               
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1. Indikator:
a) 4.13.1 Mendemonstrasikan dialog/interview berkaitan dengan  teks ‘recount’.
§  Bentuk Penilaian: Unjuk Kerja 
§  Format Penilaian :

NO.
Nama Siswa
Perolehan Skor
Skor Perolehan
(Skor Max.=100)
Content
(Max=25)
Fluency
(Max=25)
Pronunciation
(Max=25)
Expression
(Max=25)










 
 b) 4.14.1 Menyusun Teks ‘recount’ sederhana dari pengalaman pribadi atau orang lain.
§  Bentuk Penilaian: Produk
§  Format Penilaian :
NO.
Nama Siswa
Perolehan Skor
Skor Perolehan
(Skor Max.=100)
Content
(Max=25)
Grammar
(Max=25)
Spelling
(Max=25)
Mechanic
(Max=25)










4. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
a.       Pembelajaran remedial dilaksanakan segera setelah diadakan penilaian bagi peserta didik yang mendapat nilai di bawah 70,00.
b.      Strategi pembelajaran remedial dilaksanakan dengan pembelajaran remedial, penugasan dan tutor sebaya berdasarkan indikator pembelajaran yang belum dicapai oleh masing-masing peserta didik.

F.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat
·         Infocus
·         Active Speaker
·         Leptop
2.    Bahan : -
3.    Sumber Belajar :
·         Buku B.Inggris kelas X Kurikulum 2013 (source: kemendikbud)
·         Presentasi Guru
·         Video/MP3 Lagu


Bandung, 24 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                                                                   Guru Mata Pelajaran



Dra. Hj. N. Nani Ruhyani, M.Pd.                                                        Hendra, M.Pd.

   NIP. 196404161991032003                                                           NIP. 197711182005011005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JUKNIS PPDB MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 Berikut adalah juknis PPDB Madrasah tahun pelajaran 2024-2025 di link berikut ini: Juknis PPDB Madrasah 20224-2025 semoga bermanfaat