RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: MAN 2
Bogor
|
Mata pelajaran
|
: Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
: X/II
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 45 Menit
|
Pokok Bahasan
|
: Recount Text
|
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI
2: Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI
3: Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2.1. Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
3.9 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks recount tentang pengalaman,
kejadian, dan peristiwa, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13 Menangkap makna
teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman, kegiatan,
kejadian, dan peristiwa.
4.14 Menyusun teks
recount lisan dan tulis, sederhana, tentang kegiatan, kejadian, peristiwa,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.1.1 Membiasakan
semangat belajar
2.1.1. Membiasakan berprilaku santun dan peduli
3.9.1 Menjelaskan fungsi social teks
‘recount’
3.9.2 Mengidentifikasi struktur teks
‘recount’
3.9.3. Menganalisis unsur
kebahasaan teks ‘recount’
4.13.1 Mendemonstrasikan dialog/interview berkaitan dengan teks ‘recount’.
4.14.1 Menyusun Teks ‘recount’ sederhana dari pengalaman
pribadi atau orang lain.
D. Materi Pembelajaran
1.
Teks Recount
2.
Video/Lagu Berbahasa Inggris berkaitan
dengan Recount:
The day you went away
[VERSE 1]
Well I wonder could it be
When I was dreaming 'bout you baby
You were dreaming of me
Call me crazy, call me blind
To still be suffering is stupid after all of this time
[PRE-CHORUS 1]
Did I lose my love to someone better
And does she love you like I do
I do, you know I really really do
[CHORUS]
Well hey
So much I need to say
Been lonely since the day
The day you went away
So sad but true
For me there's only you
Been crying since the day
The day you went away
|
VERSE 2]
I remember date and time
September twenty second
Sunday twenty five after nine
In the doorway with your case
No longer shouting at each other
There were tears on our faces
[PRE-CHORUS 2]
And we were letting go of something special
Something we'll never have again
I know, I guess I really really know
[CHORUS]
The day you went away
The day you went away
[PRE-CHORUS 1]
[CHORUS]
|
[BRIDGE]
Why do we never know what we've got 'til it's gone
How could I carry on
The day you went away
Cause I've been missing you so much I have to say
Been crying since the day
The day you went away
The day you went away
The day you went away
|
3. Interview Guide dari Buku Teks Bahasa
Inggris Kelas X semester 2 hal 22.
1.
What was your experience about?
2.
Where did it happen?
3.
When did it happen?
4.
Who was/were involved?
5.
What happened first, second, third, and so forth?
6.
What happened then?
7.
What happened finally?
8.
How did you feel about that?
E.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran
§ memberi motivasi belajar
§ mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
§ menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang
akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
§ Langkah-langkah pembelajaran yang
akan dilakukan.
|
15’
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa mengamati/membaca teks recount yang ditayangkan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tersebut.
·
Siswa menyimak dan mengamati lirik lagu yang
diperdengarkan.
·
Dengan bimbingan guru, siswa menemukan dan menirukan pengucapan beberapa kata berkaitan dengan teks/lagu
Menanya
·
Dengan arahan guru, siswa mendiskusikan fungsi sosial
dari teks yang telah dibaca/didengar dengan teman sebangku (partner)
·
Dengan
bimbingan guru, siswa berdiskusi dan saling bertanya dengan teman sebangku (partner) tentang
teks struktur teks yang telah dibaca/disimak.
·
Siswa berdiskusi dan saling bertanya dengan teman sebangku
(partner) isi lagu dan struktur kalimat (tenses) teks/lagu yang telah dibaca/didengar
Mengumpulkan Informasi/Mencoba
·
Siswa saling bertanya dan memaparkan pengalaman
masing-masing yang terjadi di waktu
lampau
·
Siswa mendiskusikan struktur teks ‘recount’ dan cara
mengungkapkan peristiwa yang sudah terjadi (past tense)
Mengasosiasi
·
Siswa menuliskan pengalaman pribadi masing-masing
dalam sebuah teks
·
Siswa
memperoleh umpan balik (feedback) dari guru dan teman sebangku tentang struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
·
Siswa melakukan tanya jawab (Interview) dengan seorang
teman lain tentang pengalaman pribadi dengan ‘interview guide’ yang
ditunjukan oleh guru.
·
Masing-masing siswa menuliskan kembali pengalaman
temannya yang telah diwawancara dan menyerahkan hasil pekerjaannya kepada
guru.
|
60’
|
Penutup
|
· memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
· melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pemberian tugas individual
· menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya
|
15’
|
F. Penilaian
1. Penilaian kompetensi Sikap
NO.
|
INDIKATOR
|
BENTUK/TEKNIK
|
INSTRUMEN
|
1.
|
1.1.1 Membiasakan semangat belajar
|
Observasi
|
Lembar Observasi Sikap
|
2
|
2.1.1.Membiasakan berprilaku santun
dan peduli
|
Observasi
|
Lembar Observasi Sikap
|
Instrumen: Lembar
Observasi Sikap
NO
|
Nama Siswa
|
Semangat
Belajar
|
Santun
|
Peduli
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Cara
pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.
Kriterianya yaitu: 4 = sangat baik; 3 =
baik ; 2 = cukup; 1 = kurang
2. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Instrumen
|
Kriteria
Penilaian/Skor
|
|
1
|
3.9.1 Menjelaskan fungsi sosial teks ‘recount’
|
Tes Tulis
|
Pertanyaan
Tertulis (Essay):
Explain the communicative purpose
of recount text!
|
Jawaban benar/lengkap Jawaban kurang lengkap
Jawaban salah
Tidak menjawab
|
20
10
5
0
|
2
|
3.9.2 Mengidentifikasi struktur teks ‘recount’
|
Tes Tulis
|
Pertanyaan
Tertulis (Essay):
Identify the generic structure of
recount text!
|
Jawaban benar/lengkap Jawaban kurang lengkap
Jawaban salah
Tidak
menjawab
|
20
10
5
0
|
3
|
3.9.3.
Menganalisis unsur kebahasaan teks ‘recount’
|
Tes Tulis
|
Pertanyaan
Tertulis (Essay):
Mention the ‘simple past’ verbs
you have found the text and the song!
|
Jawaban benar/lengkap Jawaban benar/kurang lengkap
Jawaban salah
Tidak menjawab
|
60
30
10
0
|
Skor Maksimal
|
100
|
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1. Indikator:
a)
4.13.1 Mendemonstrasikan
dialog/interview berkaitan dengan teks
‘recount’.
§ Bentuk
Penilaian: Unjuk Kerja
§ Format
Penilaian :
NO.
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Skor Perolehan
(Skor
Max.=100)
|
|||
Content
(Max=25)
|
Fluency
(Max=25)
|
Pronunciation
(Max=25)
|
Expression
(Max=25)
|
|||
|
|
|
|
|
||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
b) 4.14.1 Menyusun Teks ‘recount’ sederhana dari pengalaman
pribadi atau orang lain.
§ Bentuk
Penilaian: Produk
§ Format
Penilaian :
NO.
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Skor Perolehan
(Skor Max.=100)
|
|||
Content
(Max=25)
|
Grammar
(Max=25)
|
Spelling
(Max=25)
|
Mechanic
(Max=25)
|
|||
|
|
|
|
|
||
|
||||||
|
||||||
|
||||||
|
4. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Pembelajaran remedial dilaksanakan
segera setelah diadakan penilaian bagi peserta didik yang mendapat nilai di
bawah 70,00.
b. Strategi pembelajaran remedial dilaksanakan dengan pembelajaran remedial,
penugasan dan tutor sebaya berdasarkan indikator pembelajaran yang belum
dicapai oleh masing-masing peserta didik.
F.
Media/alat, Bahan, dan
Sumber Belajar
1.
Media/Alat
·
Infocus
·
Active Speaker
·
Leptop
2.
Bahan : -
3. Sumber Belajar :
·
Buku B.Inggris kelas X Kurikulum 2013 (source: kemendikbud)
·
Presentasi Guru
·
Video/MP3 Lagu
Bandung, 24 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata
Pelajaran
Dra. Hj. N. Nani
Ruhyani, M.Pd. Hendra, M.Pd.
NIP. 196404161991032003 NIP.
197711182005011005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar